Breaking News

Split Dapil 1 Kabupaten Bima belum Final

Ilustrasi. Foto Tribunews


Bima, Berita11.com— Pembagian daerah pemilihan (Dapil) 1 di wilayah Kabupaten Bima ternyata masih sebatas wacana yang dikembangkan pihak tertentu dalam masyarakat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menegaskan pembagian Dapil belum final karena masih menunggu keputusan KPU RI.

Komisioner KPU Kabupaten Bima, Zuriati SP menyatakan, jika merujuk data penduduk, maka jumlah legislator di Kabupaten Bima masih 45 kursi. Hanya format Dapil yang mungkin bisa berubah.

“Terkait Dapil, merujuk angka penduduk tetap 45 kursi. Masih sama seperti sebelumnya, tapi Dapilnya seperti apa tergantung nanti menunggu DAK2 yang diserahkan oleh Kemendagri kepada KPU,” ujar Zuriati saat kegiatan temu komunitas media di Sekretariat KPU Kabupaten Bima, Kamis (7/9/2017).

Sebenarnya KPU Kabupaten Bima ingin mengusulkan banyak Dapil. Namun penentuan akhir tentang daerah pemilihan dilakukan oleh KPU RI merujuk sejumlah pertimbangan. Mulai dari sebaran dan jumlah penduduk, sosial budaya. “Juga dilihat dari pergerakan penduduk, proporsi jumlah penduduk. Tapi nggak boleh kita membagi wilayah kecamatan. Dulu kita pernah mengusulkan enam Dapil tapi yang disetujui hanya lima,” ujar wanita yang dikenal vokal ini.

Zuriati menyebut, berdasarkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari pemerintah hingga per Agustus 2017 diketahui DAK2 Kabupaten Bima sebanyak 524.000 jiwa. Hal itu akan menjadi pertimbangan untuk penetapan Dapil. “Apakah ada perubahan atau tidak tergantung nanti,” katanya. (US)



No comments