Breaking News

Alokasikan Rp41 Juta, Desa Darussalam akan Gelar STQ November Mendatang

Kepala Bidang Urusan Keuangan Desa Darussalam. Imran.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima berencana melaksanakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Desa Darussalam tahun 2017 pada November Mendatang. Untuk mendukung kegiatan tersebut, pemdes setempat telah mengalokasikan dana desa senilai Rp41 juta.

“Kita pakai APBdes tahap kedua. Setelah anggaran itu cair dan sudah ada instruksi dari kecamatan. Paling telat pada bulan November, STQ sudah kita gelar,” kata Kepala Bidang Urusan (Kabidur) Keuangan Desa Darussalam, Imran kepada Berita11.com di Desa Darussalam, Senin (9/10/2017).

Sesuai kesepakatan, Imran mengatakan STQ tahun ini akan dilaksanakan di RT 02 Dusun Daru. Selain itu, juga disepakati bersama penambahan jumlah anggaran menjadi Rp41 juta dari Rp20 juta pada tahun lalu. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi sekaligus mengurangi beban sumbangan masyarakat.

“Tahun lalu kita kewalahan karena anggarannya minim. Belajar dari situ kita naikkan. Anggapan masyarakat sekarang sudah ada dana desa, masa diminta lagi sumbangan,” ujarnya.

Imran menjelaskan alokasi anggaran Rp41 juta diutamakan untuk pembangunan panggung permanen sebesar Rp16 juta. Kemudian honor dewan hakim Rp10 juta, belanja hadiah Rp10 juta dan sisanya biaya kebutuhan pengadaan barang dan jasa bagi panitia pelaksana.

“Setiap tahun kita sewa panggung, kita agak kewalahan dengan anggaran. Jadi setelah panggung permanennya dibuat, tahun depan anggarannya bisa kita tekan. Panggungnya bisa kita pakai juga untuk kegiatan kemasyarakatan lain,” katanya. (ID)

x

No comments