Breaking News

Bakesbangpol: Sinergi Penyelenggara Pemilu dan Parpol Sukseskan Pesta Demokrasi

Sekretaris Bakesbanpol Kota Bima. Drs. Abdul Farid


Kota Bima, Berita11.com— Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bima menilai keselarasan  penyelenggara pemilu dan partai politik (parpol) merupakan salah satu kunci kesuksesan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pemilihan umum (Pemilu).

“Jadi yang perlu dibangun adalah sinergi pola kerja, data dan informasi. Sehingga pemilihan wali kota, gubernur tahun 2018 serta agenda nasional legislatif dan presiden berjalan sukses,” kata Sekretaris Bakesbangpol Kota Bima Drs. Abdul Farid kepada Berita11.com di Bakesbangpol Kota Bima, Rabu (4/10/2017).

Menurut Farid sebagai penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) memegang peranan penting dalam menyukseskan pelaksanaan tahapan pemilu. Terutama melalui agenda sosialisasi dan edukasi mereka kepada masyarakat.

Sementara itu, inisiasi parpol untuk menyiapkan figur-figur berkualitas. Sehingga diharapkan dapat memengaruhi pemahaman demokrasi dan partisipasi pemilih di daerah.

“Nah, Jadi itulah fungsi dan peran mereka. Keterpaduan harus terus dibangun agar pemilu lebih bermutu,” ujarnya.

Ia mengatakan menjelang momentum Pemilihan Wali Kota Bima dan Pemilihan Gubernur NTB tahun 2018, diharapkan sinergi yang terbangun semakin solid dan berimbas positif terhadap kesadaran politik masyarakat dan stabilitas daerah.

“Daerah tetap kondusif, aman dan tertib. Walaupun ada perbedaan pilihan dan pendapat tidak mempengaruhi secara institusi, pribadi dan sosial masyarakat,” katanya.

Farid menambahkan meski kewenangan Bakesbangpol hanya sebatas memantau, pihaknya akan siap membantu penyelenggara pemilu dan parpol dalam upaya menyukseskan pesta demokrasi.

“Kita tahun ini telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernuansa politik. Apa yang bisa kita bantu untuk mereka, kita siap bantu,” katanya. (ID)

No comments