Breaking News

Banyak Warga Dompu tak Tercakup JKN, Pemkab hanya Tanggung 1.500 Jiwa

Kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten Dompu BPJS Kesehatan Cabang Bima. Foto RUL



Dompu, Berita11.com— Hingga kini masih banyak warga Kabupaten Dompu yang belum tercakup sebagai pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional. Jumlah warga tercakup sebagai Penerima Bantuan Iuran yang bersumber dari APBD Kabupaten Dompu hanya 1.500 jiwa.

Kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten Dompu BPJS Kesehatan Cabang Bima, M Zainuddin menyebutkan, hingga September 2017, penduduk Dompu yang sudah mendapatkan KIS Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN sebanyak 109.627 (laki-laki 55.742 dan perempuan 53.885). Sementara JKN PBI bersumber APBD Kabupaten Dompu hanya sebanyak 1.500 (laki-laki 765 dan perempuan 735).

“Peserta yang bersumber dari PBI APBD provinsi 2.024 yang terdiri dari laki-laki dan perempuan,” kata M Zainuddin di Dompu, (5/10/2017).

Zainuddin menyebutkan, secara umum jumlah peserta JKN non mandiri terbagi PBI APBN, PBI APBD Provinsi NTB, PBI APBD Kabupaten Dompu. Hingga kini BPJS masih menerima keluhan sebagian banyak masyarakat miskin yang belum terakomodirsebagai peserta JKN.

“Kinerja kami BPJS selama ini dari segi pelayanan itu tetap mengacu dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Bahkan tertuang dalam  Permenkes dan Pepres,” katanya. (RUL)

No comments