Breaking News

BKPH Toffo Pajo Sebut Kerusakan Hutan di Dompu Semakin Parah

Jejak-Jejak Pembalakan Liar  Wilayah Hutan di Kabupaten Dompu. Foto RUL


Dompu,Berita11.com— Peranan pemerintah  daerah di Dompu menyejahterakan masyarakat melalui program TERPIJAR patut diacungi jempol karena mampu meningkatkan nilai ekonomi. Namun pada sisi lain ternyata dianggap menimbulkan sisi negatif yaitu kerusakan kawasan hutan negara yang ada di wilayah Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Anggota BKPH Toffo pajo Kabupaten Dompu Khairul Anhar mengatakan, kawasan hutan di Dompu mengalami kerusakan yang masif. Kondisi itu  karena maraknya aksi perambahan hutan yang dilakukan oleh oknum-oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

"Pak wartawan bisa buktikan sendiri bahwa kawasan hutan di Dompu gara-gara aksi perambahan," ungkapnya,  saat di wawancarai Berita11.com di Dompu, Rabu (25/10/2017).
Menurut Khairul Anhar, aktivitas pembalakan liar  di wilayah kelola BKPH Toffo Pajo kian marak karena  minimnya kesadaran masyarakat  pentingnya manfaat hutan. Padahal upaya petugas BKPH Toffo Pajo sudah maksimal melalui berbagai bentuk sosialisasi.  

“Saya menduga ada oknum-oknum tertentu yang membekingi dan atau memberikan respon positif terhadap penguasaan lahan dan perambahan kawasan hutan itu sendiri,” katanya.

Khairul Anhar mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kelestarian hutan.  Para pemangku kepetingan terkait juga diharapkan ikut berpartisipasi mengampanyekan pentingnya menjaga kelestarian hutan di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

“Ayo kita sama-sama menjaga dan merawatnya. Terutama di wilayah kelola BKPH Toffo Pajo Mada Pangga Dompu Waworada,” ajak pria yang akrab disapa Dae An.(RUL)

No comments