Breaking News

Duh, Kepala dan Perangkat Desa Bajo sudah Jam Kerja, kok Masih Molor?

Suasana Lenggang Ruang Perangkat Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Disiplin kerja kepala dan perangkat Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima sama sekali tidak mencerminkan integritasnya sebagai pelayan masyarakat. Betapa tidak, tepat pukul 08.30 pagi, kepala desa, sekretaris dan sejumlah kepala bidang urusan (Kabidur) belum berada di kantor desa setempat.

Setelah diamati, ruangan kerja aparatur desa masih terlihat kosong. Seperti ruangan sekretaris, kabidur perencanaan dan pelaporan dan kabidur keuangan belum berada di meja kerjanya.

Sementara itu, ruang kerja kepala desa juga terlihat sama sekali belum dibuka dan masih tergembok. Selain itu anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bajo, satu orang pun tidak terlihat berada di kantor desa.

Hal tersebut menunjukkan etos, disiplin dan tertib jam kerja perangkat desa setempat masih rendah. Sehingga terkesan serampangan memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan secara tidak langsung merendahkan martabat pemerintah sebagai penyelenggara negara.

Kepala Bidang Urusan Umum dan Aset Pemerintah Desa Bajo, Yasin mengatakan tidak mengetahui apa penyebab keterlambatan mereka.

“Entahlah, saya tidak tahu kenapa terlambat masuk,” kata dia kepada Berita11.com di Kantor Desa Bajo, Kamis (4/10/2017).

Setelah beberapa menit, Kepala Desa Bajo, Sakban H. Ibrahim tiba di kantor desa. Ditanya mengenai hal itu, ia mengaku sudah tidak mampu mengatur sikap indisipliner bawahannya yang bersikap arogan dan tidak patuh.

“Sudah saya ingatkan berkali-kali, sampai tendang kursi pun mereka tidak patuh,” katanya.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Kepala desa bertanggung jawab terhadap perilaku perangkat desa yang merusak citra pemerintah. (ID)

No comments