Breaking News

Setengah dari Jumlah Angkutan Umum belum Uji KIR

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bima. Drs. Syafruddin Mengesahkan Buku Uji KIR.


Bima, Berita11.com— Sedikitnya 1000 dari 2200 unit angkutan jalan yang ada di Kabupaten Bima belum melakukan uji kendaraan secara berkala (KIR). Hingga Oktober ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Bima mencatat hanya 1200 kendaraan yang sudah di uji.

“Hingga bulan ini totalnya sudah 1200. Sekarang 200. Masih banyak yang belum. Uji KIR kan dua kali setahun,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bima, Drs. Syafruddin di Dinas Perhubungan Kabupaten Bima, Rabu (4/10/2017).

Ia menuturkan pada umumnya, alasan pemilik kendaraan tidak melakukan uji KIR karena kendaraan masih beroperasi. Selain itu, pemilik kendaraan malas untuk membawa kendaraan ke tempat pengujian.

“Mau gimana lagi, satu sisi mereka tidak mau repot. Terus kendaraan masih beroperasi. Sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, 6 bulan wajib di uji. Ini juga demi keselamatan mereka,” katanya.

Berdasarkan data taman kendaraan jumlah angkutan jalan seperti, bus, truk dan kendaraan bak terbuka (pick-up) sebanyak 2200 unit. Jumlah tersebut diperkirakan terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Ia mengatakan secara bertahap, pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan agar melakukan uji KIR.

“Kita sudah coba lakukan pendekatan dan sosialisasi. Tapi tetap saja. Kita upayakan secara bertahap,” katanya. (ID)

x

No comments