Breaking News

Jajaran Kodim 1614 Ziarah Makam Pahlawan

Dandim 1614/ Dompu dan Ketua Persit Menabur Bunga di Makam Pahlawan. Foto RUL


Dompu,Berita11.com— Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/Dompu melakukan ziarah makam pahlawan di Desa Lapadi Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu, Rabu (4/10/2017) pukul 08.00 Wita. Ziarah secara khusus untuk mengenang jasa paraa pahlawan dan merupakan rangkaian memeringati HUT ke-72 TNI.

Pantuan Berita11.com, sebelum melakukan ziarah di makam pahlawan,  jajaran Kodim 1614 melaksanakan upacara bersama yang dipimpin   Dandim 1614/ Dompu Letkol CZI Arief Hadiyanto  S.I.P. upacara juga diikuti Ketua persit Cabang XXLIII 1614 / Dompu, pengurus dan anggota Persit Kodim 1614 / Dompu. Para perwira staf, Danramil, anggota militer, PNS Kodim 1614 / Dompu dan 1 SST pramuka pelajar SMAN  1 Pajo Dompu.

Usai itu,  dilanjutkan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh komandan upacara dan peletakan karang bunga oleh inspektur upacara. Aksi tabur bunga oleh inspektur upacara diikuti oleh seluruh perwira, ibu persit dan peserta upacara.

Dandim 1614 Dompu, Letkol CZI Arief Hadiyanto  S.I.P kepada Berita11.com mengatakan, ziarah di makam pahlawan  tak lain untuk mengenang jasa- jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa tanpa pamrih.

"Para pahlawan pendahulu kita yang telah rela mengabdikan hidupnya, mengorbankan jiwa raganya demi bumi pertiwi dan kepentingan bangsa dan negara yang tanpa pamrih itu patut kita kenang perjuangannya dalam mengusir penjajah di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini," ujar Arief.

Arief mengatakan, sebagai generasi penerus bangsa seyogyanya dapat menjadi suritauladan dan meneruskan cita-cita para pahlawan dengan cara berbuat yang terbaik, tulus ikhlas untuk kepentingan bangsa Indonesia.

“Kita harus memaknai kepahlawanan tidak hanya sekedar ungkapan saja tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang,” ujarnya.

Lebih jauh Arief menjelaskan ziarah juga sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan negara Indonesia.

“Melalui kegiatan ziarah makam pahlawan ini diharapkan kepada jajaran Kodim 1614/Dompu  mampu meneladani nilai-nilai juang yang telah dicontohkan oleh para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,”  katanya.(RUL)

Baca Juga :

No comments