Breaking News

Masih Malas Urus Izin? Siap-siap, DPMPTSP segara Luncurkan Pelayanan Daring

Kepala DPMPTSP Kabupaten Bima. Drs. Agus Salim, M. Si.


Bima, Berita11.com— Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bima terus berupaya menyederhanakan pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya menghadirkan program pelayanan dalam jaringan (Daring) yang segera diluncurkan Oktober ini.

“Pelayanan online tujuannya untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat mengurus izin. Sekaligus lebih mendekatkan kita dengan masyarakat. Rencananya bulan ini kita launching,” Kata Kepala DPMPTS Kabupaten Bima, Agus Salim kepada Berita11.com di DPMPTSP, Senin (9/10/2017).

Agus menyambung peluncuran program pelayanan online akan dilakukan di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Bima oleh Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri. Rencananya, seluruh camat dan kepala desa di Kabupaten Bima diundang untuk menjadi peserta.

“Sebenarnya rencana kita di hotel, tapi karena kita dengar koneksi internetnya tidak ada, jadi kita pilih di sana. Kita undang camat dan kepala desa agar nanti mereka bisa sosialisasikan di wilayahnya masing-masing” katanya.

Ia menjelaskan pelayanan online merupakan sistim pelayanan berbasis situs yang hanya dapat diakses melalui perangkat digital yang terkoneksi internet. Di dalamnya mencakup semua hal tentang layanan DPMPTSP secara elektronik. Seperti, ketentuan persyaratan, formulir dan biaya.

Selain itu, disediakan layanan konsultasi dan bagi pemohon diberikan akses untuk mengecek sejauh mana proses izinnya diurus. Empat orang pegawai dinas setempat ditugaskan sebagai operator pengelola layanan tersebut.

“Formulirnya ini-ini yang harus diisi, jika mengurus izin ini. Biayanya segini. Mereka bisa cek izinnya sudah selesai apa belum. Tidak perlu tanya ke kantor. Pokoknya bisa diakses kapan dan di mana pun melalui laptop, komputer dan telepon genggam berbasis android,” katanya.

Agus menambahkan agar tidak menghambat pelayanan daring ketika dirinya berada di luar kantor. DPMPTSP akan memberlakukan sistim teken jarak jauh secara online. “Jadi misalnya saya keluar daerah, saya bisa teken dan link-nya nyambung pada situs. Sehingga lebih hemat waktu,” pungkasnya. (ID)

x

No comments