Breaking News

Penelusuran DLH, Aktivitas Pengerukan Pasir di Doro Ncanga Terjadi Siang-Malam

Berbahaya Bagi Lingkungan, Aktivitas Pembangan Pasir Liar di Doro Ncangan Kian Marak. Foto RUL


Dompu, Berita11.com— Aksi pengerukan pasir secara ilegal di Doro Ncanga Desa Soritatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu sudah berlangsung lama. Semakin hari kian menjamur. Bahkan berdasarkan hasil penelusuran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, aktivitas itu terjadi siang hingga malam.

“Aktivitas itu (tambang liar) sudah lama terjadi dan itu bukan menjadi rahasia umum lagi,” kata petugas DLH Kabupaten Dompu, Andi kepada Berita11.com di Doro Ncanga, Selasa (24/10/2017).

Andi membeberkan, pengerukan dan pengangkutan  pasir secara illegal di Doro Ncanga dan wilayah sekitarnya tak hanya oleh supir truk-truk yang berasal dari Dompu. Namun juga berasal dari wilayah Bima dan Sumbawa.

“Aktivitas pengakutan pasir tidak hanya terjadi pagi atau sore. Akan tetapi malam hari pun juga terjadi,” kata dia.

Menurut Andi setiap aktivitas penambangan pasir secara liar tentu akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Apalagi  titik-titik lokasi pengerukan pasir di Doro Ncanga sangat banyak.

“Jika hal ini dibiarkan tentu akan menimbulkan dampak buruk terutama saat musim hujan seperti sekarang ini,” katanya.

Dikatakannya, penanganan terhadap kasus tambang liar di Doro Ncanga perlu penanganan secara masif dan melibatkan berbagai pihak terkait seperti Organisasi Perangkat Daerah terkait dan pihak kepolisian.

“Kami ini hanya OPD yang mengawasi dan memberikan pembinaan terhadap aktivitas perusahaan pertambangan yang menimbulkan dampak lingkungan. Tapi kalau sudah menyentuh ke ranah penanganan dan eksekusi itu harus melibatkan tim gabungan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Dompu AKBP Jon Wesly Arianto SIK membenarkan pihaknya pernah menerima laporan dari masyarakat terkait aktivitas pengerukan dan pengangkutan pasir secara illegal di  Doro Ncanga.

“Yang jelas kami tidak akan tinggal diam. Apabila pemerintah juga meminta bantuan kami untuk melakukan penanganan terhadap persoalan itu, kami pun selalu siap,” katanya saat dihubungi melalui sambungan Ponsel .(RUL)

No comments