Breaking News

Perda Ketenagakerjaan Kota Bima akan Diterbitkan, Perusahaan Bandel Dieksekusi

Ilustrasi


Kota Bima, Berita11.com— Pemerintah telah rampung menelaah tentang urgensi regulasi tentang tenaga kerja. Pada tahun 2018 mendatang Pemerintah Kota Bima akan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Tentang Ketenagakerjaan yang menjadi payung hukum bagi tenaga kerja dan sanksi bagi perusahaan yang bandel tidak memenuhi ketentuan.

Hal tersebut diisyaratkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Drs Jufri M.Si. Menurut dia, regulasi itu akan menjadi peraturan turunan dari Undang-Undang dan segala peraturan 
pemerintah tentang tenaga kerja.

“Sebelum itu kita lakukan pendataan dulu perusahaan-perusahaan di Kota Bima ini, baik yang formal maupun nonformal. Berapa jumlah tenaga kerjanya, berapa upahnya,” ujar Jufri.

Dikatakan Jufri pendataan tenaga kerja di Kota Bima akan menggunakan format baru yaitu AK-1 sesuai mengacu standar internasional (ISO).

“Untuk Perda Ketenagakerjaan Wali Kota Bima sudah setuju dan usulan itu sudah masuk Bagian Hukum Setda,” ujar mantan Kepala Disdukcapil Kota Bima ini.


Menurut Jufri, secara bertahap layanan Dinas Tenaga Kerja Kota Bima akan terus dibenahi. Kendala utama yang dihadapi dinas setempat fasilitas pendukung. Setelah didukung anggaran yang memadai, Disnaker akan menyiapkan layanan sistem informasi. 

“Kendala kami juga menunggu penyerahan aset dari Dinas Kehutanan. Tapi kami yakin Pak Wali punya komitmen kalau soal pelayanan. Target kami pelayanan prima,” katanya. (US)

Baca Juga :

No comments