Breaking News

Tahun Depan, Pemdes Rasabou akan Tingkatkan Usaha Mandiri dan Karakter Generasi

Sekretaris Desa Rasabou Kecamatan Bolo. Khairil Ansar.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima akan memrioritaskan pemanfaatan dana desa tahun 2018 untuk mendorong peningkatan usaha mandiri masyarakat dan membina karakter generasi yang berakhlak.

“Tahun depan program pemberdayaan kita utamakan. Nanti dalam bentuk bantuan untuk kelompok supaya merata. Juga pembinaan akhlak,” kata Sekretaris Desa Rasabou, Khairil Ansar kepada Berita11.com di Desa Rasabou, Senin (30/10/2017) katanya.

Khairil menjelaskan program pemberdayaan yang digulirkan yakni berupa bantuan pertanian, peternakan, dan pertukangan sesuai potensi sumber daya di desa. Pola rangsangan tersebut sebenarnya telah dilakukan secara berkelanjutan sejak adanya dana desa.

“Dengan pemberdayaan yang nggak ada kegiatan jadi punya aktivitas. Tahun ini memang tidak banyak. Tahun 2018 kita ingin lebih banyak kelompok masyarakat yang mandiri. Dan diharapkan memicu lapangan kerja,” ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini dampak positif program pemberdayaan sudah dirasakan masyarakat. Meskipun tidak terlalu signifikan, menurutnya kehadiran dana desa menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menggali potensi yang dimiliki.

“Kita mau ada perubahan. Ada manfaat dana desa. Karena secara tidak langsung pemberdayaan bisa menekan kriminalitas,” ujarnya.

Pada program pembinaan masyarakat, perhatian pemerintah desa tertuju pada pembentukan karakter remaja. Remaja akan diedukasi tentang kamtibmas, kenakalan remaja dan bahaya penyalahgunaan obat terlarang. Untuk itu, tahun 2018 pemdes setempat akan merancang peraturan desa mengenai kenakalan remaja.

Selain itu pada tiap TPQ dirancang adanya lomba setiap satu bulan. Tujuannya untuk memotivasi dan menularkan kebaikan dari generasi ke generasi.

“Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itu membutuhkan proses. Insya Allah secara pelan-pelan kita bentuk kepribadian generasi,” ujarnya.

Khairil menambahkan pada tahun 2018, anggaran BUM Desa Rasabou rencananya akan ditambah menjadi Rp300 juta. Peningkatan anggaran dilakukan untuk membantu kesulitan modal bagi pelaku UKM di Desa.

“Sudah kita usulkan. Tinggal tunggu hasil telaah kepala desa. Tahun depan kita bisa action,” katanya. (ID)

No comments