Breaking News

Warga Dompu Sorot Aktivitas Parkir Liar dan Bongkar Muat di Depan Toko

Kondisi Parkir Liar di Kompleks Pertokoan di Dompu, Rabu (25/10/2017). Foto RUL


Dompu,Berita11.com— Sejumlah warga Dompu mengeluhkan aktivitas parkir liar dan bongkar muat yang semrawut di pasar dan di depan kantor Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu. Kondisi itu kerap menimbulkan kemacetan.

Seorang pengedara, Billy Zenawi kepada Berita11.com mengatakan, aktivitas bongkar muat barang di bahu jalan tepatnya di depan beberapa toko sudah  lama. Kondisi itu tak kunjung diatasi sehingga menyebabkan keresahan bagi pengendara.

“Setiap kali saya melalui jalur jalan umum ini kerap kali terjadi kemacetan karena adanya parkir liar dan bongkar muat barang,” ungkap Billy Zenawi di pasar Dompu, Rabu (25/10/2017).

Menurut pria yang akrab disapa Bije ini, seharusnya aktivitas parkir kendaraan dan bongkar muat barang di sejumlah toko tidak boleh dilakukan di sepanjang bahu jalan. Apalagi, kata dia, jalan itu merupakan jalur umum yang kerap dilalui para pengendara.

“Mestinya para pemilik toko harus sadar dan membuat gudang sendiri untuk bongkar muat barang. Bukan malah memanfaatkan bahu jalan hingga menyebabkan kemacetan,” katanya.

Bije berharap petugas Dinas Perhubungan (DLLAJ) Kabupaten Dompu menegur para pemilik toko. “Kalau terus begini adanya sama saja membiarkan aktivitas pengguna jalan  di lokasi-lokasi tersebut menjadi macet,” ujar dia.

Keluhan yang sama disampaikan pengendara lain asal Kelurahan Kandai Satu Dompu, Ardiansyah.  

“Saya sering menyaksikan secara langsung aktivitas itu. Terbukti saat saya melalui jalur jalan itu,” katanya.

Menurut Ardiansyah, kondisi parkir liar dan aktivitas bongkar muat menyebabkan lalu lintas di sepanjang kompleks pertokoan semrawut.

“Kalau berbicara mengganggu, ya memang betul. Sebab saya juga sering melalui jalur setiap harinya. Tapi apalah daya keluhan kami sebagai pengendara kecil seperti ini tidak di hiraukan. Padahal aktivitas itu sangat rawan kemacetan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan atau petugas DLLAJ Kabupaten Dompu yang didatangi Berita11.com di kantor setempat, Rabu (25/10/2017)  tidak berada di tempat. 

“Pimpinan kami tidak ada. Beliu sudah keluar barusan karena ada rapat,” ujar seorang pegawai DLLAJ Dompu. (RUL)

No comments