Breaking News

Dikepung Banjir, Pemukiman Warga Dompu Terendam

Pemukinan Warga Kabupaten Dompu yang Terendam Banjir, Sabtu (4/11/2017). Foto FB Alan Malingi


Dompu, Berita11.com— Sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat digenangi banjir setelah hujan lebat mengguyur daerah setempat selama satu jam, Sabtu (4/11/2017) siang.

Sejumlah pemukinan warga Kabupaten Dompu yang dilabrak banjir seperti Kandai Satu, Kampung Samporo, Kota Baru, sebagian wilayah Desa Karijawa dan ruas jalan di Kecamatan Pekat. Beruntung luapan banjir tak berlangsung lama, setelah hujan berhenti genangan air berangsur surut.

Akibat banjir, sejumlah warga pontang-panting berupaya menyelamatkan harta benda mereka. Warga terpaksa memindahkan barang elektronik mereka karena luapan banjir nyaris sampai atap rumah.

Warga Kelurahan Kandai Satu Kabupaten Dompu, Burhanuddin mengaku panik saat luapan banjir menggenangi pemukiman  setempat. “Saya dan keluarga tadi panik, banjir tiba-tiba meluap sehingga lari menyelamatkan alat prabot rumah tangga,” katanya.

Menurut Burhanuddin, luapan banjir di Kelurahan Kandai Satu Kabupaten Dompu tak hanya terjadi tahun ini. Namun sudah sering terjadi setiap musim hujan. “Kalau musim hujan begini tentu air sungai di lokasi ini pasti meluap dan masuk ke rumah-rumah warga,” katanya.

Menurutnya, luapan banjir terjadi karena rusaknya hutan di Kabupaten Dompu akibat perambahan yang masif.  

“Hutan kita sekarang banyak yang gundul akibat illegal logging. Jadi ketika musim hujan begini air hujan itu turun langsung dari gunung yang sudah sedikit,” katanya.

Warga Lingkungan Kampo Samporo Kabupaten Dompu, Ardiansyah mengaku rumahnya juga dilabrak banjir. Namun ia dan keluarga tak sampai panik. “Kami sudah biasa jadi langganan banjir kok,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, petugas BKPH Toffo Pajo, Khairul Anhar menyebut, kondisi hutan di Dompu sudah rusak parah akibat perambahan yang masif. Salah satunya karena aktivitas perladangan. (RUL)

No comments