Breaking News

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Agendakan Bimtek Arsip untuk SKPD

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima di Jalan Sukun Kota Bima. Foto Berita11.com



Kota Bima, Berita11.com— Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima dalam waktu tak lama lagi akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan arsip bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kalau Bimtek perpustakan mula dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi sudah kita laksanakan dan dibuka oleh wali kota.  Rencananya tanggal 16 dan 17 November ini akan dilaksanakan Bimtek untuk pengolaan arisp bagi SKPD,” ujar Sekretaris DPAD Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati MH.

Menurut Sri Ratnawati, Bimtek arsip sangat strategis dan penting. Apalagi setiap OPD sebagai pelaksana anggaran perlu mempertanggujawabkan penggunaan dana. Tata kelola dokumen atau arsip itu yang perlu diketahui setiap OPD.

Sebelumnya DPAD Kota Bima sudah memiliki kesepemahaman dengan setiap OPD bahwa arsip statis yang menyangkut sejarah instansi akan disimpan di DPAD.

Seperti diketahui sebelumnya,  DPAD juga sudah mengusulkan Perda tentang pengelolaan arsip kepada Bagian Hukum Setda Kota Bima. sebelumnya DPAD juga sudah menetapkan perpustakaan kelurahan percontohan yakni Kelurahan Rabangodu Selatan.

DPAD terus berupaya menjalin kerjasama dengan setiap instansi termasuk perguruan tinggi. Terutama mengenai kewajiban setiap kampus mengarahkan mahasiswanya yang menuntaskan kuliah untuk menyerahkan skripsi untuk koleksi Perpustakaan Daerah.

Ada beberapa kampus yang belum menyerahkan skripsinya ke sini. Memang kita belum kerjasama dengan kampus-kampus. Mereka belum tahu bahwa dalam undang-undang itu kewajiban, setiap penerbit dan mahasiswa yang menghakhiri kuliahnya menyimpan juga skripsinya di sini,” ujar Sri Ratnawati. (US/*)

  

No comments