Breaking News

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Imbau Instansi Sadar Arsip

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Drs H Abubakar. Foto Hamid

Bima, Berita11.com— Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima mengimbau instansi/lembaga pemerintah dan swasta menyadari pentingnya keberadaan arsip terutama yang bernilai penting.

“Arsip bisa menjadi dasar pengembangan dan bisa juga menjerumuskan. Contoh kasusnya, jika beradu di pengadilan itu menjadi bukti penting. Makanya harus sadar arsip,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Drs. H. Abubakar kepada Berita11.com di Dinas Perpustakaan Kabupaten Bima, Rabu (22/11/2017).

Abubakar menjelaskan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan mewajibkan setiap instansi negara dan swasta memiliki kearsipan yang dikelola secara baik dan mudah diakses.

Dalam regulasi tersebut juga mengamanatkan setiap instansi terutama instansi pemerintah menyiapkan petugas arsiparis. Arsiparis adalah seseorang tenaga fungsional yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan yang diperoleh dari pendidikan formal atau pendidikan dan pelatihan kearsipan. Arsiparis bertugas dan bertanggungjawab melaksanakan tugas kearsipan.

“Tugas kita hanya mengkoordinasikan. Jadi masing-masing OPD harus ada petugas khusus kearsipan. Itu juga berlaku untuk swasta,” ujarnya. (ID)



No comments