Breaking News

DPMDes: Kemitraan Media Dorong Implementasi SID dan DBIP

Ilustrasi


Bima, Berita11.com— Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima mendukung pemerintah desa menggandeng media massa untuk mendorong implementasi program sistim informasi desa (SID) dan desa benderang informasi publik (DBIP).

“Kerja sama media sudah tersedia ruangnya. Jadi informasi mengenai pembangunan, pelaksanaan program, sektor-sektor potensial dan informasi positif lain yang ada di desa, dapat dipublikasikan melalui media massa,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMDes Kabupaten Bima, Elfaisal kepada Berita11.com di DPMDes Kabupaten Bima, Kamis (23/11/2017).

Faisal mengatakan kemitraan media menjadi salah satu komponen pendukung pengelolaan SID dan DBIP di samping pemanfaatan website dan papan informasi. Menurutnya, media dapat berperan sebagai penerjemah data dan informasi yang ada di desa sehingga lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

“Media itu pusat perhatian. Apa lagi saat ini mudah sekali diakses. Transparansi dan akuntabilitas informasi wujud tata kelola pemerintahan yang sehat,” katanya.

Dikatakannya, pemerintah desa salah kaprah jika mendefinisikan keberadaan website desa sebagai media massa. Menurut Faisal, website desa bukan media informasi publik melainkan media informasi pemerintahan.

“Jadi tidak boleh disamakan. Saya kira website tidak begitu efektif karena hanya menyediakan informasi. Kalau media massa pasti disebarluaskan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara untuk dasar hukum dan acuan, Faisal mengatakan secara umum regulasi yang diterbitkan pemerintah pusat dan daerah mengenai penggunaan dana desa telah menyediakan ruang bagi pemerintah desa untuk bermitra dengan media.

“Sebenarnya sudah jelas, kegiatan 04 dan 01 yang diatur dalam peraturan bupati. Mekanismenya, tinggal dianggarkan untuk item belanja jasa pihak ketiga kerja sama media massa untuk publikasi program kegiatan selama satu tahun. Ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama, selesai. Sudah dijamin, desa bukan bingung tapi mau atau tidak memanfaatkan media,” katanya. (ID)

No comments