Breaking News

Perkuat Wawasan Kependudukan, DPPKB Siapkan Dua Program Baru Tahun 2018

Kepala DPPKB Kota Bima, Drs Suriadi, M.Si. Foto Hamid


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima berupaya mendorong masyarakat dan generasi muda agar lebih paham mengenai wawasan kependudukan. Untuk itu, DPPKB Kota Bima menyiapkan dua program baru yaitu, program Pojok Kependudukan dan program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang akan dilaksanakan tahun 2018.

Kepala DPPKB Kota Bima, Drs. Suriadi M. Si menjelaskan program Pojok Kependudukan merupakan  penyediaan informasi tentang kependudukan. Informasi disiapkan dalam bentuk pamflet, pemutaran film dan buku-buku pengetahuan yang ditempatkan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bima.

“Rencananya kita akan minta agar menyiapkan rak khusus sebagai wahana edukasi dan juga tempat lain yang nanti kita tentukan. Jadi dengan berkunjung ke perpustakaan mereka bisa melihat dan diharapkan masyarakat tertarik untuk membaca itu tujuan kita,” katanya.

Sementara itu, untuk program SSK merupakan  program terintegrasi pelajaran di sekolah yang disisipkan pada mata pelajaran tertentu. Tujuannya memberikan edukasi dan advokasi kepada remaja agar lebih siap menuju kedewasaan. SMPN 1 Kota Bima telah dipilih untuk menjadi pilot program tersebut.

“Kita masukan dalam mata pelajaran IPS dan Agama baik itu di SD, SMP dan SMA secara bertahap. Kita tekankan tidak memakai Narkoba, seks bebas dan pernikahan dini. Kemarin kita sudah latih pihak SMPN 1 Kota Bima dan kita siapkan modulnya. Tapi tahun depan kita laksanakan,” katanya. (ID)

No comments