Breaking News

Potensi Penambahan PKH Kabupaten Bima 9.000 KPM

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima, Drs H Muhammadin, S.Sos. Foto Hamid
Bima, Berita11.com— Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bima tahun 2018 berpotensi mengalami penambahan. Hal itu menyusul rencana Kementerian Sosial yang menambah 4 juta KPM PKH pada tahun 2018.

“Sesuai rencana nasional pemerintah pusat, khusus KPM PKH tahun 2018 akan ditambah menjadi 10 juta dari 6 juta. Tentunya itu akan menambah jumlah KPM di daerah,” kata Pelaksana Tugas  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima, Drs. H. Muhammadin S. Sos, kepada Berita11.com di Dinas Sosial Kabupaten Bima, Rabu (22/11/2017).

Muhammadin mengatakan, dinas setempat belum mengetahui secara pasti berapa jumlah penambahan, karena data dari kementerian masih dalam proses validasi oleh pendamping PKH. Namun, bila merujuk pada data dan rencana penambahan tahun 2018, potensi tambahan untuk Kabupaten Bima sekitar 9000 KPM.

“Sekarang KPM ada 16 ribu. Lebih kurang nanti jumlahnya sekitar 25 ribu. Saat ini kita sedang verifikasi data dari kementerian untuk memastikan kelayakan penerima,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk PKH tahun 2017 Kabupaten Bima telah menerima bantuan anggaran sebesar Rp39 miliar. Jika tahun 2018 terealisasi penambahan 9000 KPM, maka kebutuhan anggaran ditaksir sebesar Rp50 miliar.

Menurut Muhammadin, penambahan jumlah penerima manfaat PKH merupakan wujud komitmen pemerintah menjamin warga negara mendapat perlindungan sosial yang layak.

“Alhamdulillah dengan nawa cita Presiden Jokowi dalam mengentaskan kemiskinan. Ini menjadi bentuk perhatian pemerintah terhadap warga negara,” ujarnya. (ID)



No comments