Breaking News

RKPDes Tahun 2018 Desa Darussalam Didominasi Permohonan Program Pemberdayaan

Kantor Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima telah rampung menyusun rencana kerja pemerintah desa (RKP-Desa) tahun 2018. Berdasarkan penjaringan aspirasi pada tiap dusun, usulan untuk RKP didominasi permohonan program pemberdayaan masyarakat.

Sekretaris Desa Darussalam, Ibrahim Alfian menyebutkan sedikitnya 37 item pemberdayaan masyarakat yang telah  tertampung dalam rancangan RKP-Desa Darussalam tahun 2018. Estimasi kebutuhan pembiayaan untuk item itu sebesar Rp423.113.961.

“Ini masih bersifat sementara karena baru rancangan saja. Penghitungan kebutuhan anggaran kita pakai pagu tahun ini Rp1,3 miliar. Karena pagu indikatif baru belum keluar,” katanya  di kantor Desa Darussalam, Senin (6/11/2017).

Secara umum, kata dia, pemberdayaan masyarakat hampir sama pada tahun 2017. Yaitu menyangkut pemenuhan sarana dan prasarana untuk mendukung potensi usaha kelompok masyarakat, kebutuhan pelayanan dasar dan jasa kesehatan, peningkatan gizi, pendidikan anak usia dini, penggiat keagamaan, kegiatan kemasyarakatan berbasis agama, olahraga, budaya dan penyuluhan.

Selain itu, program pemberdayaan masyarakat pada tahun 2018 akan menyasar penyandang distabilitasi (cacat) serta masyarakat marginal bagi lanjut usia (lansia), jompo, janda dan yatim piatu.

“Kita berikan fasilitas sesuai potensi dan kebutuhan mereka. Tahun ini memang belum kita masukan. Jadi tahun depan kita prioritaskan,” ujarnya.

Alfian menambahkan untuk bidang pembinaan masyarakat yang diusulkan berjumlah sembilan item  dengan alokasi anggaran sementara Rp36.500.000. Sementara untuk pembangunan desa terdiri dari sembilan kegiatan dengan alokasi Rp587 juta.

Untuk bidang penyelenggaraan pemerintah desa berjumlah 34 kegiatan, estimasi kebutuhannya sebesar Rp613.011.120.

“Ini belum ditetapkan. Kalau kita lihat anggarannya sudah lebih dari pagu. Jadi, rencananya November ini kita tetapkan bersama skala prioritas program melalui Musrenbangdes,” katanya. (ID)

No comments