Breaking News

Sebagian Sekolah sudah Memahami Pengelolaan Perpustakaan

Petugas Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima saat Melaksanakan Kunjungan di SDN 56 Kota Bima.


Kota Bima, Berita11.com— Sebagian sekolah di Kota Bima sudah memahami tata cara pengeolaan perpustakaan yang baik. salah satunya Sekolah Dasar Negeri (SDN) 55 Kota Bima.

Keberhasilan itu setelah Dinas Perprustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima rutin melaksanakan pendampingan dan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan sekolah.

Ada beberapa sekolah yang paham dan sudah bagus tata kelola perpustakaannya seperti SDN 55 Kota Bima. Ada juga yang setelah dilatih baru mengerti cara mengelola perpustakaan,” ujar Sekretaris DPAD Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati MH kepada Berita11.com di OPD setempat, Senin (7/11/2017).

Kendati sebagian sekolah sudah memahami tata kelola perpustakaan dengan baik. menurut Sri Ratnawati ada beberapa hal yang mesti dilakukan sekolah. Salah satunya menambah koleksi bahan bacaan umum. Karena umumnya perpustakaan sekolah didominasi buku paket.

“Kalau namanya perpustakaan itu buku umum harus diperbanyak, karena kalau buku paket itu sifanya yang wajib dimiliki sekolah. Bukan namanya perpustakaan kalau isinya hanya buku paket. Alhamdulillah respon dari sekolah dan guru-guru bagus,” kata Hj Sri Ratnawati.

Untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan daerah, DPAD Kota Bima juga sudah melaksanakan kerjasama dengan sejumlah sekolah dengan menerima kunjungan dari bebearpa sekolah dan kampus secara rutin. (US/*)

No comments