Breaking News

Seluruh Desa Diimbau Buka Akses Informasi Masyarakat

Ilustrasi


Bima, Berita11.com— Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Bima mengimbau seluruh desa membuka akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. hal itu sesuai spirit regulasi dan era keterbukaan informasi saat ini.

Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) Kabupaten Bima, Muslimin, S.Sos mengatakan, tidak ada alasan bagi lembaga publik termasuk di desa untuk menutup akses informasi publik. Hal terpenting permohonan informasi publik sudah memenuhi syarat dan prosedur.

“Sekarang sudah tidak jamannya lagi setelah dikeluarkan regulasi berkaitan dengan informasi publik. Tidak ada alasan buat lembaga publik untuk tidak membuka akses kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi publik,” katanya di DKIS Kabupaten Bima, Jalan Gadah Mada Kota Bima, Jumat (24/11/2017) lalu.

Menurut mantan Kabag Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Bima ini, kebutuhan masyarakat terhadap informasi publik semakin meningkat. Pada sisi lain, setiap organisasi perangkat daerah dan PPID Desa di Kabupaten Bima juga semakin lebih baik dalam melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan regulasi turunannya.

Dikatakannya, pada prinsipnya, PPID Utama Kabupaten Bima dan seluruh OPD membuka peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat mengakses informasi publik. Hanya saja harus memenuhi prosedur.

“Kita prinsip tetap membuka peluang selebar-selebarnya. Cuma kelompok atau lembaga harus memiliki dasar hukum. Kalau secara lembaga harus melampirkan struktur dan legalitas pendirian lembaga. Kita kan tidak mungkin memberikan informasi kepada yang belum jelas,” katanya.

Soal gugatan Lembaga Kipang beberapa bulan lalu, Muslimin menjelaskan bahwa PPID Utama Kabupaten Bima bukan tidak membuka akses informasi atau permohonan informasi publik terhadap lembaga itu. Namun LSM Kipang tidak mampu memenuhi syarat untuk mendatpakn informasi publik.

“Kayak Kipang mereka tidak punya legal standing. Informasi yang diminta bukan informasi yang dikecualikan tapi bisa diberikan. Cuma persoalannya mereka tidak melengkapi itu,” katanya. (US/*)



No comments