Breaking News

STQ Digelar Desember, Pemdes Darussalam Siapkan Anggaran Rp41 Juta

Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana STQ Tahun 2017 Desa Darussalam. Foto Hamid

Bima, Berita11.com— Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tahun 2017 tingkat Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima akan dilaksanakan 1-6 Desember 2017 mendatang. Untuk mendukung kegiatan itu, pemerintah desa setempat mengalokasikan anggaran sebesar Rp41 juta.

Persiapan STQ Desa Darussalam juga dibahas saat rapat pembentukan panitia pelaksana SQT tahun 2017 Desa Darussalam, Kamis (9/11/2017) lalu.

Sekretaris Desa Darussalam, Ibrahim Alfian menjelaskan, STQ tahun 2017 di desa setempat merupakan yang kelimat. Penetapan pelaksanaan STQ 1-6 Desember 2017 sesuai hasil rapat koordinasi Pemdes dengan Pemerintah Kecamatan Bolo.

“Jadwal pelaksanaannya sudah ditetapkan awal Desember sampai tanggal 6. Untuk itu, mari bersama kita sukseskan persiapan kegiatan,” pinta Ibrahim Alfian saat memimpin rapat persiapan, Kamis lalu.

Proses penentuan panitia STQ Desa Darussalam dilaksanakan melalui proses pemilihan yang demokratis dengan mengedepankan nilai kearifan lokal masyarakat setempat. Hasilnya terplih ketua panitia Syahbudin Abubakar, sekretaris Ibrahim Alfian dan bendahara H. Razak Bahanan.

Rapat pembentukan panitia STQ berlangsung lancar. Para peserta berharap panitia yang terpilih secepatnya bisa membentuk seksi-seksi yang akan membantu pelaksanaan kegiatan.

Pada sesi usulan dan saran, sejumlah peserta menanyakan besaran anggaran pelaksanaan STQ. Menjawab hal tersebut pemerintah desa menjelaskan total anggaran kegiatan STQ tahun 2017 sebanyak Rp41 juta. Dibagi untuk honor dewan hakim dan panitia Rp8 juta, biaya panggung permanen Rp12 juta, dekorasi 6 panggung, Rp2 juta untuk konsumsi dan Rp13 juta untuk hadiah.

"Tahun depan biaya panggung bisa kita kurangi sehingga biaya hadiahnya kita tambah,” kata Ibrahim Alfian. (ID)

No comments