Breaking News

Tahun 2018, Dinas Dukcapil Kota Bima akan Terapkan Layanan Four in One

Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bima, Mariamah SH. Foto Hamid Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bima berencana menerapkan satu program yang mengintegrasikan empat pelayanan sekaligus. Program tersebut akan menyasar bayi lahir baru pada tahun 2018.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Hj. Mariamah, SH, MH menjelaskan empat jenis pelayanan yang diintegrasikan yaitu, penerbitan NIK, penambahan keluarga baru dalam Kartu Keluarga (KK), pembuatan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA). Tujuannya untuk menyederhanakan pelayanan bagi masyarakat.

“Jadi nanti terpadu dan itu gratis. Ini memang program baru yang akan coba kita terapkan tahun 2018. Mudah-mudah tidak ada kendala,” kata Mariamah kepada Berita11.com di Dinas Dukcapil Kota Bima, Kamis (30/11/2017).

Ia mengatakan pelayanan akan dipusatkan di dinas dan pelaksanaannya akan diatur secara bertahap untuk setiap kecamatan di Kota Bima atau dengan pembatasan jumlah pelayanan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya animo masyarakat.

“Satu kali datang, masyarakat bisa urus empat dokumen. Nggak bisa kita kasih tahu semua masyarakat. Bisa saja yang datang nanti berlebihan. Kita atur nih nanti,” katanya.

Mariamah menambahkan berdasarkan data hasil rekapitulasi per September 2017, realisasi pembentukan NIK baru di Kota Bima sebanyak 3.035. Diperkirakan masih ada sekitar 1.000 yang belum memiliki.

“Itu kita ukur dari angka kelahiran tahun ini. Insya Allah nanti setelah pelayanan diterapkan mungkin bisa kita tangani,” katanya. (ID)



No comments