Breaking News

191 Desa, UKM dan Sekolah di Kabupaten Bima Meriahkan Bursa Inovasi Desa

Peserta Mengikuti Pembukaan Bursa Inovasi Desa di Auditorium Sudirman STKIP Taman Siswa , Kamis (28/12/2017).

Bima, Berita11.com— Seluruh kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Usaha Kecil Menengah, sekolah, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan BUMN di Kabupaten Bima memeriahkan Bursa Inovasi Desa yang digelar Tim Inovasi Desa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMDes) Kabupaten Bima di kampus STKIP Taman Siswa Bima, Kamis (28/12/2017).

Berbagai produk unggulan desa dipamerkan di arena Bursa Inovasi Desa di kampus STKIP Taman Siswa Bima. Setiap BUMDes di Kabupaten Bima juga menukar informasi kiat atas keberhasilan mendorong ekonomi di desa.

Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer M.Pd mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan ajang positif dalam mendorong kapasitas desa dalam mengelola potensi yang dimiliki desa sehingga dapat menggerakan berbagai sektor yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Dikatakannya, program bursa inovasi desa dirancang untuk mendorong dan menfasilitasi penguatan kapasitas desa yang berorientasi pada peningkatan produktivitas pengembangan BUMDes dan BUMDes Bersama, sehingga menghasilkan produk ungggulan kawasan pedesaan untuk menggerakan ekonomi desa.

“Peru disadari kapasitas desa, membangun masih terbatas. Untuk itu guna meningkatkan itu, kegiatan pemanfaatan pembangunan desa perlu dioptimalkan,” kata Wabup Dahlan saat membuka Bursa Inovasi Desa se-Kabupaten Bima di Auditorium Sudirman kampus STKIP Taman Siswa Bima, Kamis (28/12/2017).
 
Pembukaan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Bima oleh Wakil Bupati Bima, Drs Dahlan M Noer M.Pd.

Melalui Bursa Inovasi Desa, setiap desa dapat menukar informasi dan inovasi untuk kemajuan bersama, sehingga pergerakan ekonomi lahir dan dimulai dari desa.

Menurut Wabup Dahlan, hal mendasar dalam rancangan Bursa Inovasi Desa yaitu pertukaran pengetahuan dari implementasi kerja pihak pemerintah desa dan berbagai elemennya. Program inovasi merupakan upaya melaksanakan hal baru yang dapat memajukan desa. “Apalagi pada era globalisasi ini, semua mesti bergerak maju. Sehingga diperlukan adanya inovasi,” katanya.

Pada bagian lain, Pemerintah Kabupaten Bima terus berupaya meningkatkan pengawasan terhadap implementasi desa sehingga diharapkan sesuai tujuan dan cita-cita yang diharapkan dari kehadiran dana desa.

Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs Sirajuddin mengatakan, pelaksanaan Bursa Inovasi Desa merupakan bagian dari impelementasi Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017 yang mengamanatkan empat program unggulan pada pelaksanaan APBDes tahun 2018 mendatang yaitu peningkatan produk unggulan desa.

Selain itu, peningkatan kapasitas BUMDes, pembangunan embun desa serta sarana dan prasarana olahraga. “Empat pokok item bagi desa bahwa BUMDes harus dibangun di 191 desa di Kabupaten Bima,” katanya.

Sirajuddin menjelaskan, dengan adanya inovasi desa menghasilkan berbagai produk unggulan maka diharapkan tak ada lagi masyarakat desa yang menggantungkan hidup di kota.

“Tidak ada lagi orang-orang desa yang punya keinginan cari  makan di kota. Kalau sudah ada produk unggulan mereka di desa, ngapain harus ke kota. Nggak perlu lagi seperti itu,” katanya.

Usai membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa, Wabup Kabupaten Bima, Drs H Dahlan M. Noer M.Pd, pimpinan BNI Cabang Bima, pemerintah desa, pengurus BUMDes se-Kabupaten Bima menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang program untuk mendukung inovasi dan upaya meningkatkan produktivitas di desa. Pada kesempatan tersebut disepakati bahwa BNI Cabang Bima akan mendukung kegiatan BUMDes dengan menjadikan badan usaha di desa sebagai agen BNI Laku Pandai.

Setelah itu, Wakil Bupati Bima, Dandim 1608/Bima, Letkol Yudil Hendro, Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs Sirajuddin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bima, Ir Nggempo MT, pimpinan BUMN mengunjungi sejumlah stand yang dipamerkan pada Bursa Inovasi Desa seperti yang ditampilkan perwakilan BUMDes, inovasi SMKN 4 Bima, dan mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima serta PLN NTB Area Bima yang menampilkan sepeda motor elektrik hemat energi. (US/*)


Foto-Foto Kegiatan




No comments