Breaking News

Agenda Book Fair 2018 akan Dirangkai dengan Hari Kunjungan Perpustakaan


Ilustrasi Book Fair. Foto VanueMagz.com


Bima, Berita11.com— Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima pada tahun 2018 mengagendakan pameran buku (book fair) yang bertepatan dengan Hari Kunjungan Perpustakaan pada tanggal 14 September mendatang. Tujuannya untuk menarik minat dan perhatian masyarakat terhadap buku.

“Book fair 2018 akan jadi salah satu upaya kita sekaligus bertepatan dengan Hari itu. Nanti akan kita atur sejumlah kegiatan. Namun intinya, kita datangkan beberapa toko buku dan menjualnya murah. Terutama untuk generasi muda kita,” kata Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Basyirun, M. Pd kepada berita11.com di dinas, Rabu (6/12/2017).

Kemudian kata dia, untuk mendukung korelasi kegiatan pihaknya telah mengusulkan pembuatan regulasi bidang perpustakaan sebagai dasar hukum implementasi kebijakan dan pelayanan dalam bentuk peraturan bupati, seperti yang dilakukan oleh daerah lain.

“Jadi kaitannya erat. Daerah lain yang perpustakaannya maju sudah ada payung hukum. Misalnya kewajiban menyediakan sarana baca bagi pelaku usaha, seperti restoran dan rumah makan. Harus ada kewajiban membudayakan baca,” ujarnya.

Menurutnya regulasi dapat memacu penyedia layanan publik menerapkan standar pelayanan perpustakaan dengan menyediakan bahan bacaan. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan budaya baca masyarakat.

“Nanti kita atur. Kita tetapkan standarnya terutama di area akses publik seperti rumah sakit dan dinas-dinas,” katanya.

No comments