Breaking News

Desa Pekat Sukses Raih Pengahragaaan Desa Prospektif Penyelenggara Good Governance

Gubernur NTB Menyampaikan Sambutan Sela Pemberian Penghargaan.


Dompu, Berita11.com— Setelah tampil mewakili Kabupaten Dompu sebagai Model Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) tingkat Nasional di Nusa Tenggara Barat bersama 16 desa lainya.Desa Pekat berhasil meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTB sebagai Desa Prospektif Penyelenggara Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Desa.

Desa Pekat Kecamatan Pekat menjadi satu-satunya desa yang mewakili Kabupaten Dompu yang meraih penghargaan tersebut.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Gubernur NTB pada acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Gedung Graha Bhakti Mataram, Jum’at (15/12/2017) lalu.

Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTB, Tauhid mengungkapkan, penghargaan diberikan setelah dipantau ada sebanyak 10 Desa yang patut memperoleh pengakuan sebagai Desa Prospektif Penyelenggara Good Gocernance dalam Pengelolaan Keuangan Desa.

“Pengakuan ini merupakan ekstensi dari dikeluarkannya pengakuan pada tahun lalu terhadap desa-desa yang saat ini kami pandang patut untuk dimasukkan dalam kategori Desa Pelopor Good Governance dalam penyelenggaraan pengelolaan keuangan desa,” ujarnya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE.

Secara terpisah, Kepala Desa Pekat, Dori Wanto, A.Md membeberkan rahasia sehingga meraih penghargaan dari Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi NTB. “Kerja kami sangat sederhana, caranya sangat mudah dengan memperkuat pelaporan keuangan menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang telah tersedia,” katanya usai acara.

Ia menambahkan, hal-hal yang dilaporkan harus sesuai dengan kegiatan ril di lapangan yang dianggarkan melalui APBDes. “Capaian dan pembayaran pajak juga rutin kami laksanakan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.

Acara penyerahan DIPA berlangsung sukses. Kegiatan dihadiri Gubernur NTB, Ketua DPRD Provinsi NTB, Kapolda NTB, bupati dan wakil bupati, wali kota/ wakil wali kota se-NTB, pejabat lingkup Provinsi NTB, Ekonom Kementerian Keuangan NTB, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB, Kepala Badan Pusat Statistik NTB, Kepala Perwakilan BPK, Kepala Perwakilan BPKP NTB, Direntur Utama Bank NTB, para pimpinan lembaga di NTB, camat dan kepala desa. (RUL)



No comments