Breaking News

Disternak dan Kecamatan Palibelo PPID Terbaik di Kabupaten Bima, ini Daftar Lengkapnya

Wabup Dahlan M. Noer Menyerahkan Penghargaan kepada PPID Terbaik Kabupaten Bima, Rabu (27/12/2017).

Bima, Berita11.com— Anda perlu tahu mana saja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) terbaik yang melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan regulasi turunannya Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Berdasarkan penilaian yang dilaksanakan tim, PPID terbaik di Kabupaten Bima yaitu PPID Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disternak) dan PPID Kecamatan Palibelo.

Penetapan hasil penilaian  dituangkan dalam keputusan Tim Pemeringkatan Badan Pengelola Informasi Publik PPID Nomor: 001 / XII/ 2017 tanggal 26 Desember 2017.
Selain Disternak, peringkat ke-2 pelaksanakan keterbukaan inforamasi terbaik di Kabupaten Bima yaitu Dinas Kesehatan, disusul  Dinas Sosial serta Dinas Koperasi dan UMKM, dan Disnakertrans, Dinas Lingkungan Hidup sebagai harapan 1,2 dan 3.

Selain PPID Kecamatan Palibelo yang meraih peringkat pertama, peringkat 2 diraih Pemerintah Kecamatan Lambu, disusul Pemerintah Kecamatah Sape. 

Sementara itu, pada tingkat desa,  juara 1 diraih Desa Waworada Kecamatan Langgudu, disusul berurutan  Desa Boro Kecamatan Sanggar,  Desa Riamau Kecamatan Wawo, Desa Kaboro Kecamatan Lambitu, Desa Kuta  Kecamatan Lambitu dan Desa Sondo Kecamatan Monta.

Kegiatan pengumuman dan penyerahan penghargaan untuk PPID terbaik dilaksanakan di Aula kantor Bupati Bima, Rabu (27/12/2017).

Wakil Bupati Bima, Dahlan M.Noer, menyambut baik pelaksanaan pemeringkatan PPID yang dilakukan oleh jajaran Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bima. Diskominfostik telah melaksanakan sosialisasi dan visitasi lapangan terhadap kinerja PPID di lingkup OPD, kecamatan dan desa se-kabupaten Bima dalam rangka pelayanan informasi publik. 

“Pemberian anugerah ini tentunya diharapkan akan menjadi daya rangsang bagi OPD, kecamatan dan desa untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan informasi, “ harap Wabup Dahlan seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos.

Dikatakan Dahlan, PPID terbentuk  sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, mengamanatkan melayani informasi kepada masyarakat, bersifat terbuka dan transparan dalam batasan-batasan sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang Tentang Keterbukaan Informasi Publik itu.

Pada era digital dewasa ini, PPID Utama di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik diharapkan bekerja maksimal  di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi di badan publik.

“PPID diharapkan dapat mengembangkan sistem layanan informasi yang cepat, mudah dan wajar. PPID harus membuat uji konsekuensi dengan seksama dan penuh ketelitian sebelum menyatakan sebuah informasi yang dikecualikan dapat diakses atau tidak,” tandas Dahlan.
Pada pengumuman hasil pemeringkatan dan penyerahan penghargaan, masing–masing juara medapatkan piala dan piagam yang serahkan langsung Wakil Bupati Bima, Dahlan M.Noer. (AN)  




No comments