Breaking News

DPMDes Dorong Seluruh Desa di Kabupaten Bima Memiliki BUMDes

Dana Desa Kabupaten Bima
Wakil Bupati Bima, Drs Dahlan M. Noer M.Pd Meninjau Salah Satu Stan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Bima.

Bima, Berita11.com— Pada tahun 2018 mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMDes) akan mendorong seluruh desa di Kabupaten Bima memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDe). Saat jumlah BUMDes yang telah terbentuk baru pada 92 desa.

Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Drs Sirajuddin mengatakan, pembentukan BUMDes setiap desa sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Empat Program Unggulan Tahun 2018.

“Kita dorong BUMDes harus dibangun di 191 desa. Sampai sekarang baru 92 yang sudah terbentuk,” katanya di arena Bursa Inovasi Desa di kampus STKIP Taman Siswa Bima, Kamis (28/12/2017).

Sirajuddin menjelaskan, secara umum, BUMDes di Kabupaten Bima mengelola dana Rp20-70 juta yang bersumber dari APBDes. Beberapa BUMDes bahkan sudah mulai menunjukkan kinerja yang lebih baik. “Karena ini program baru beberapa tahun. Kita terus dorong arahkan ke sana,” katanya.

Menurutnya, banyak keberhasilan yang bisa diadopsi oleh seluruh desa di Kabupaten Bima. Ia mencontohkan keberhasilan BUMDes di Desa Ponggok yang awalnya mengelola modal Rp90 juta, kemudian kini menjadi Rp98 miliar.

“Itulah yang ingin saya bangun di Bima. Kita terus dorong agar menghasilkan produk unggulan yang bisa menjadi andalan,” kata Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima ini.

Salah satu produk yang sedang diarahkan dan dibina oleh DPMDes kepada BUMDes yaitu pengelolaan jagung yang diharapkan memiliki nilai lebih, mendongkrak perekonomian masyarakat. Program inovasi di desa juga akan disinergikan dari upaya pengembangan teknologi tepat guna.

Mengenai peluang DPMDes mendorong terbentuknya perusahaan daerah (Prusda) di Kabupaten Bima, Sirajuddin menyatakan pemerintah juga memiliki pemikiran ke arah sana. Menyiapkan badan yang dapat menampung produk unggulan dari setiap desa sebagai sinergi mendorong kiprah BUMDes. (US)


No comments