Breaking News

Gempita Sukses Salurkan Bantuan Bibit Jagung untuk Lima Kecamatan di Dompu

Sosialisasi Penyaluran Bibit dan Pemberian Masukan kepada Petani yang Dilakukan Gempitan Cabang Dompu.

Dompu, Berita11.com—Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Cabang Dompu berhasil menjalankan tugas dan tanggungjawabnya menyalurkan bantuan benih jagung kepada 153 kelompok tani binaan Gempita tahun 2017 di Kabupaten Dompu.

Bantuan yang disalurkan Gempita yaitu 90,9 ton benih jagung jenis Bima 20 Uri untuk kelompok tani di lima wilayah di Bumi Nggahi Rawi Pahu yakni Kecamatan Dompu, Kecamatan Pajo, Kecamatan Hu'u, Kecamatan Kempo dan Kecamaan Pekat.

Ketua Gempita Cabang Dompu, Drs H, Muhammad Amin mengaku sebelumnya mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian dan Perkebunan untuk menyalurkan bantuan benih jagung jenis Bima 20 Uri kepada para petani yang menjadi binaan Gempita.

Binaan Gempita terbentuk sejak awal Tahun 2017. “Alhamdulillah, semua bantuan benih jagung jenis bima 20 uri tahun 2017 ini sudah selesai kami salurkan,” ujar Muhammad  kepada Berita11.com, Rabu (19/12/2017) pagi.

Muhammad menyebutkan, bantuan benih jagung tersebut disalurkan kepada 153 kelompok di lima kecamatan di Dompu diperuntukan untuk lahan 6.600 hektar.

“Dari sebanyak 90.9 ton benih jagung ini diperuntukan untuk 6.600 hektar lahan pertanian. Bantuan ini disalurkan di Kecamatan Dompu, Pajo, Hu'u, Kempo dan Pekat. Di mana hitungan pembagianya per hektar sebanyak 15 kilo gram benih jagung,” jelasnya.


Muhammad menjelaskan,  penyaluran benih jagung oleh Gempita dengan dengan mendatangi langsung kelompok tani di lima kecamatn itu.

“Alhamdulillah, semua bantuan ini kami salurkan dengan menggunakan mobil sejak tanggal 1 hingga 5 Oktober 2017. Semua penerima bantuan sudah mendapatkan haknya masing-masing,” terangnya.

Sebelumnya lanjut Muhammad, sebanyak 153 kelompok tani yang tersebar di lima Kecamatan di Kabupaten Dompu itu merupakan binaan dari Gempita.  Para kelompok itu juga sebelumnya dibekali dan diberikan wawasan serta masukan melalui kegiatan-kegiatan sosialisasi serta bentuk lain yang diselengarakan Gempita.

“Kami Gempita Dompu dengan jumlah anggota pengurus 13 orang benar-benar ikhlas memperjuangkan dan membantu para petani. Bulan-bulan kemarin kami menggelar kegiatan sosialisasi pembagian benih jagung di lima Kecamatan, salah satunya Kempo yang dihadiri oleh UPTD, Babinsa, Bhabinkhamtibmas, camat, kepala desa dan para petani penerima bantuan benih jagung," katanya.

Menurut Muhammad, bukti niat baik Gempita membantu para petani, para pengurus Gempita di Dompu rela mengumpulkan uang pribadi untuk memenuhi biaya berbagai operasional untuk kepentingan kegiatan dan penyaluran bantuan benih jagung tersebut kepada para kelompok tani.

“Saya sendiri pun selaku Ketua Gempita Dompu mengeluarkan uang pribadi untuk biaya berbagai kegiatan dan aktivitas. Hal ini saya lakukan karena niat tulus membantu para petani binaan kami,” tuturnya.

Terlepas dari hal itu tambah Muhammad, pihaknya berharap pemerintah pusat agar menganggarkan dana operasional untuk Gempita dalam menunjang berbagai kegiatan dan aktivitas.

“Jujur saja, selama ini kami hanya mengandalkan dana operasional dari swadaya yang di kumpulkan oleh para anggota pengurus Gempita Dompu. Semoga di tahun 2018 nanti Gempita Dompu bisa mendapatkan kucuran dana operasional,” harapnya.

Direspon Positif oleh Petani di Dompu

Sementara itu, Nasiman (48  tahun), seorang petani binaan Gempita Cabang Dompu yang juga penerima bantuan benih jagung di Kelurahan Monta Baru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, kepada Berita11.com mengaku bangga dan bersyukur atas kontribusi yang diberikan Gempita dalam membantu para petani.

“Gempita telah banyak membantu dan memperjuangkan nasib para petani,” ujarnya.
Nasiman menyebutkan, berkat Gempita  dirinya sebagai petani bisa mendapatkan bantuan benih jagung secara cuma-cuma.

Menurut dia, kalau tidak ada perjuangan dan niat ikhlas dalam memperjuangkan nasib para petani tentu yang dilakukan Gempita. Tentu dia dan para petani lain  tidak mungkin bisa mendapatkan bantuan benih jagung tersebut.

“Alhamdulillah, saya sudah mendapatkan bantuan benih jagung berkat perjuangan dan kerja keras Gempita,” katanya.


Ditambahkan Nasiman, bantuan benih jagung yang didapatkan secara gratis dari Gempita tersebut sudah dimanfaatkan dengan baik. “Alhamdulillah, bantuan benih itu sudah saya tanam di lahan,” pungkasnya.(RUL/*)


Armada yang Disiapkan Gempita saat Menyalurkan Bantuan Benih Jagung untuk Lima Kecamatan di Dompu.

Anggota UPT Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kelompok Tani dan Masyarakat Mengikuti Sosialisasi Tentang Penyalulan Benih dan Pemberian Input kepada Petani yang Digelar Gempita Cabang Dompu.

No comments