Breaking News

Harga Sayur di Pasar Raya Dompu Meroket, Wortel Paling Mahal

Aktivitas Pedagang Sayur di Pasar Raya Dompu, Selasa (19/12/2017). Foto Syahrul Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Kenaikkan harga sembilan bahan pokok (Sembako) tidak hanya terjadi di Pasar Raya Bima dan Amahami. Perubahan harga yang sama juga terjadi di Pasar Raya Dompu. Sejumlah sayur yang mulai meroket seperti harga tomat naik menjadi Rp18 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp5 ribu/ kg.

Pedagang di Pasar Raya Dompu, Nurjanah mengatakan, selain tomat, sejumlah sayur yang naik yaitu cabai merah naik dari Rp25 ribu/ kg menjadi Rp30 ribu/ kg, sedangkan cabai keriting naik dari Rp25 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/kg.

Sementara itu, harga kol juga naik dari semula Rp5 ribu/ kg menjadi Rp15 ribu/ kg. Harga bawang merah di Pasar Raya Dompu juga naik menjadi Rp15 ribu/ kg dari awalnya Rp10 ribu/kg. Harga wortel naik dari Rp20 ribu/kg menjadi Rp40 ribu.

Selain harga sayur, sejumlah komoditi lain yang naik seperti harga telur ayam broiler naik dari Rp40 ribu / papan menjadi Rp45 ribu. Sementara harga daging ayam broiler juga naik dari harga awal Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu.

Nurjanah menyebut, kenaikkan harga Sembako terjadi sejak pertengahan November 2017 lalu. Penyebabnya selain karena pengaruh musim hujan yang mempengaruhi persediaan sayur dan beberapa komoditi, juga disebabkan karena momentum natal 25 Desember 2017 dan tahun baru 2018.

“Biasanya menjelang tahun baru harga-harga akan naik. Selain itu juga pengaruh karena saat ini sedang musim hujan, cuaca juga sedikit gangguan sehingga berpengaruh terhadap stok,” ujar pedagang asal Kelurahan Bali 1 Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu ini.


Kenaikan harga kebutuhan pokok ini terjadi sejak pertengahan bulan 11/2017. Hal ini akibat musim hujan yang terus turun sehingga mengakibatkan gagal panen dan ketersediaan berkurang.(RUL)

No comments