Breaking News

Kota Bima Rentan Difteri dan Wabah lain, ini Penyebabnya

Ilustrasi. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bima, Akhmad, S.Sos menyatakan secara umum beberapa lingkungan di Kota Bima rentan penyakit tertentu atau wabah seperti difteri meskipun sudah ada berbagai upaya yang dilakukan OPD setempat. Karena munculnya wabah juga ditentukan pola hidup bersih masyarakat.

“Sekarang kondisi karena penyakit apapun gampang masuk, seperti makan ringan sebenarnya tidak dianjurkan. Tidak ada kandungan gizi di dalam itu juga rentan bisa mengurangi nafsu maka anak sehingga nafsu maka anak turun,” katanya kepada Berita11.com di Dikes, Senin (18/12/2017).

Menurut Akhmad, kondisi lingkungan yang kotor dan masalah sirkulasi udara di rumah dapat menjadi pemicu berkembangnya virus, termasuk difteri. Walaupun sebelumnya berbagai upaya telah dilakukan oleh Dikes.

Berbagai upaya Dikes menangani dan mencegah difetri yaitu mulai dari tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitasi. Berbagai upaya pencegahan yang dilakukan yaitu vaksinasi difteri pertusis tetatus (DPT), vaksin TT, campak dan sejenisnya untuk bayi 0-9 bulan dan pelajar Sekolah Dasar.


“Kebersihan di dalam usahakan sirkulasi di rumah itu pas karena bisa kena virus. Kota Bima yang rentan yang masih muncul demam berdarah karena kesadaran kita kurang membersihkan lingkungan,” katanya. (US)

No comments