Breaking News

KPU Sosialisasi Istilah Teknis dan Tahapan Pemilihan Wali Kota Bima kepada Media

Suasana Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wali Kota Bima Bagi Media, Rabu (6/12/2017).

Bima, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melaksanakan sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota Bima tahun 2018 kepada media massa se-Kota Bima di Aula pertemuan SMKN 3 Kota Bima, Rabu (6/12/2017).

Sosialisasi bertujuan menyamakan pemahaman penempatan istilah pemilihan dalam pemberitaan sekaligus menjelaskan teknis dan tahapan pemilihan Wali Kota Bima tahun 2018.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Bima, Bukhari menyampaikan penyamaan istilah dalam pemberitaan perlu dipadukan agar mengedukasi publik. Sebab, sebagai sarana pendidikan, peran media dinilai efektif mendorong kesadaran dan pemahaman politik masyarakat.

“Memberikan satu pemahaman istilah pemilihan. Ini juga menjadi silaturahmi kita dengan media,” kata Bukhari.

Ia mengatakan dalam proses pemberitaan pesta demokrasi Kota Bima, media massa diharapkan menyerempetkan istilah pemilihan dalam pemberitaan sesuai dengan ketentuan. Sehingga pemberitaan menjadi tepat sasaran, tepat makna dan tidak membingungkan pembaca.

Kemudian, sesuai Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 06/HK.04.1-Kpt/5272/KPU-Kot/VII/2017 tentang Pedoman Teknis, Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima Tahun 2018, media juga diharapkan bisa menyelaraskan penggunaan istilah sesuai proses pemilihan.

“Konsumsi informasi sangat tinggi dan aksesnya mudah dan cepat. Terutama mengenai momen politik. Untuk itulah, proses pemberitaan tahapan pemilihan mesti memakai istilah yang tepat,” katanya.

Acara Sosialisasi dihadiri 20 lebih perwakilan media di Kota Bima. Baik media cetak, elektronik, dan media online. (ID)

No comments