Breaking News

Mendorong Budaya Baca Masyarakat melalui Pengembangan Literasi Desa

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima. Basyirun, M. Pd.


Bima, Berita11.com— Minat baca masyarakat desa semakin rendah karena keberadaan perpustakaan tidak menjadi prioritas. Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima berencana akan menggulirkan program Pengembangan Literasi Desa pada tahun 2018.

“Kita integrasikan dana desanya. Jadi di penggunaan dana desa ada ruang untuk penyediaan bahan bacaan masyarakat. Jadi kita masuk di situ,” kata Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Basyirun M. Pd kepada Berita11.com di dinas setempat, Rabu (6/12/2017).

Basyirun menjelaskan program Pengembangan Literasi Desa akan digulirkan pada desa yang memiliki niat dan telah menyediakan taman baca. Termasuk adanya relawan yang berperan aktif mendorong minat baca masyarakat.
“Kalau tidak ada itu program tidak bisa jalan. Ada relawan di dalamnya. Kalau perlu kita beri insentif khusus. Jadi yang urus dan mengantar buku bacaan dia yang tangani,” katanya.

Dikatakannya, program juga akan membuka ruang bagi korporasi yang ada untuk membantu fasilitas perpustakaan dengan menggunakan dana pertanggungjawaban sosialnya. Selain itu, mahasiswa KKN akan ikut dilibatkan untuk mendukung program tersebut.

“Saat ini dinas sedang memonitor desa potensial yang akan menjadi sasaran program. Jadi kita akan keroyokan. Harapan kita minat baca masyarakat 100 persen,” tandasnya. (ID)

No comments