Breaking News

Pelni: Cuaca Ekstrem tak Pengaruhi Aktivitas Pelayaran

Kepala Pelni Cabang Bima, Adluwiyanto. Foto Hamid


Kota Bima, Berita11.com— PT Pelayaran Indonesia (Pelni) Cabang Bima memastikan kondisi cuaca buruk yang disebabkan siklon tropis Cempaka dan Dahlia tidak memengaruhi aktivitas pelayaran kapal.

“Kita tidak berpengaruh karena dek kapal pesiar ketinggiannya lima meter. Kecuali kapal roll on roll (roro) untuk penyebrangan harus waspada,” jelas kepala Pelni Cabang Bima, Adluwiyanto kepada Berita11.com di kantor PT Pelni cabang Bima, Selasa (5/12/2017).

Namun demikian kata dia, pihaknya tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. Untuk itu, Pelni telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bima memantau perkembangan cuaca.

“Kalau cuaca tidak memungkinkan pelayaran, kan ada hasil monitor cuaca dari pusat yang disampaikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan sesuai standar operasional prosedur (SOP), saat ini pemberitahuan informasi cuaca kepada kapal wajib dilakukan. Terutama mengenai ketinggian gelombang laut.

“Apabila cuaca buruk, biasanya syahbandar kasih tahu kapal tidak boleh berlayar, ini cuaca buruk dan kondisi di mana. Tapi saat ini pelayaran masih normal,” katanya.

Adluwiyanto menambahkan jelang libur natal dan tahun baru 2018 diprediksi tidak ada kenaikan jumlah penumpang. Namun akan ada pengalihan rute pelayaran sejumlah kapal untuk wilayah timur.

“Tidak ada peningkatan. Tapi untuk rute kapal di wilayah barat akan dialihkan ke wilayah timur. Jadi konsentrasi mungkin untuk penambahan di sana,” pungkasnya. (ID)

No comments