Breaking News

Ragam Inovasi Program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Yuk Membaca!

Basyirun, M. Pd. Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima


Bima, Berita11.com— Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima berupaya menumbuhkan budaya baca masyarakat melalui inovasi dan terobosan dalam hal pelayanan dan pengembangan perpustakaan. Pada tahun 2018, telah disiapkan program-program baru yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran baca masyarakat di daerah.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Basyirun, M. Pd menargetkan peningkatan indeks membaca masyarakat dengan program baru yang akan digulirkan. Secara nasional, saat ini indeks berada pada 0,01 persen.

“Artinya, setiap 1000 orang cuma satu yang membaca. Termasuk Kabupaten Bima jadi ukuran. Bukan karena fasilitas yang ada tapi sejauh mana daerah hadir untuk memupuk budaya baca. Jadi kita akan kedepankan inovasi tahun depan,” ujarnya.

Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan

Membaca semakin mudah, berbagai bahan bacaan akan disediakan dalam bentuk perpustakaan digital yang disebut Electronic Bima (E-Bima). Beragam referensi, informasi, buku daerah dan buku-buku populer nasional dan internasional yang dapat dinikmati melalui sambungan internet. Semuanya dikemas dalam bentuk portal digital. Tentunya harus mendaftar keanggotaan. Kemudian ada kegiatan Rembug Perpustakaan sebagai wadah penggiat baca dan pengadaan fasilitas perpustakaan.

Penyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum daerah

Ketersediaan bahan bacaan juga terus dilengkapi. Rencananya bahan bacaan yang punya nilai manfaat, seperti buku keterampilan dan pengetahuan akan ditambah di rak-rak perpustakaan. Di samping itu akan ada kegiatan lomba menulis buku tentang Bima yang menyasar semua kalangan di daerah.

Pengembangan Minat dan Budaya Baca

Minat dan budaya baca menjadi perhatian serius. Inovasinya melalui kegiatan pameran buku (book fair) yang dirangkaikan dengan Hari Kunjungan Perpustakaan yang diperingati pada 14 September disiapkan untuk masyarakat. Selain itu akan ada sejumlah kegiatan lain untuk memeriahkannya. Bagi penghobi buku jangan sampai ketinggalan. Kemudian rintisan pengembangan desa literasi akan menyasar desa yang sadar akan pentingnya keberadaan taman dan penggiat baca untuk masyarakat dengan fasilitas bantuan buku bacaan desa.

Layanan Perpustakaan Keliling

Bagi masyarakat yang malas berkunjung ke perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima akan memberikan pelayanan perpustakaan keliling secara mobile. Dua kendaraan roda empat disiapkan untuk layanan tersebut. Masyarakat tinggal menghubungi nomor telepon yang telah disediakan oleh dinas. Kemudian Jumat Membaca, perpustakaan keliling akan mengunjungi sekolah dan desa yang membutuhkan bahan bacaan.

Peningkatan SDM Pengelola Perpustakaan

Bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan yaitu upaya untuk memperkuat peran perpustakaan. Bimbingan akan diberikan kepada pelaku pustaka agar pengelolaan perpustakaan semakin sehat. Selain itu, lomba perpustakaan desa dan sekolah akan menjadi ajang untuk menentukan perpustakaan dengan kategori terbaik hingga ke tingkat provinsi dan nasional. Kemudian ditindaklanjuti dengan studi banding ke perpustakaan daerah lain yang maju bagi para pemenang.

No comments