Breaking News

Selama Januari hingga Desember, 50 Warga Kota Bima Positif DBD

Ilustrasi. Orginal Picture Titik Nol

Kota Bima, Berita11.com— Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bima cukup tinggi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan, selama Januari hingga Desember 2017 tercatat 50 warga positif DBD.

Petugas Dikes Kota Bima menyebutkan, 50 kasus DBD berdasarkan hasil pemeriksaan (rapid test), selain pengecekan lengkap secara rutin dan lengkap di laboratorium seperti trombosit. Berdasarkan data dinas setempat, tahun 2016 lalu, jumlah penderita DBD positif di Kota Bima dalam angka yang sama.

Hal tersebut dibenarkan Sekretaris Dikes Kota Bima, Akhmad, S.Sos. Penyumbang tertinggi masalah itu karena pola hidup sebagian warga di lingkungan tertentu. “Kasus DBD memang masih rentan. Masih sama dibandingkan tahun lalu,” kata Akhmad kepada Berita11.com di Dikes Kota Bima, Senin (18/12/2017).

Puluhan warga yang positif DBD itu merupakan pasien rawat inap dan rawat jalan yang memperoleh penanganan di Pusat Kesehatan Masyarakat dan Rumah Sakit Umum Daerah.

“Mungkin perlu bergandengan tangan, tidak hanya Dinas Kesehatan tapi perlu dukungan berbagai pihak memberikan pemahaman  tentang kebersihan lingkungan,” ujar Akhmad.

Mengenai kasus malaria, diakui Ahmad penyakit yang rentan terjadi pada musim hujan itu semakin berkurang setelah berbagai upaya masih yang dilakukan Dikes Kota Bima melalui berbagai program.

“Sudah kita eliminasi kalau untuk kasus malaria. Tapi memang belum zero (nihil) benar karena di sini adalah daerah transit. Endemiknya di luar Kota Bima. Masih ada teman-teman pegawai di luar Kota Bima yang tinggal di sini atau warga dari luar atau sebaliknya warga di sini jadi pegawai seperti di Tambora,” ujar Akhmad. (US)

No comments