Breaking News

Tak Terima Hasil Pilkades Serentak, Warga Lanci Desak Bupati Tunda Pelantikan

Aksi Massa PPLM di Kantor Pemkab Dompu Menolak Pelantikan Kades Hasil Pilkades Serentak, Kamis (21/12/2017).

Dompu, Berita11.com— Rupaya polemik pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Dompu belum tuntas. Puluhan warga Desa Lanci yang menamai diri Persatuan Pemuda Lanci Manggelewa (PPLM) menggelar aksi di kantor Pemkab Dompu dan kantor Camat Manggalewa, Kamis (21/12/2017). Mereka mendesak Bupati Dompu tak melaksanakan pelantikan terhadap Kades yang bermasalah saat Pilkades.

Koordinator massa, Nasarudin, mengungkapkan banyak pelanggaran terkait pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Lanci tertutama masalah daftar pemilih tetap (DPT).

“Sejak beberapa pekan kemarin kami sudah melaporkan secara resmi mengenai sengketa Pilkades itu. Tapi sampai detik ini belum juga ada penanganan serius oleh para pihak terkait,” kata Nasarudin ketika berorasi di kantor Pemkab Dompu.

Nasarudin mengingatkan jangan sampai respon lamban Pemkab Dompu dalam menangani sengketa Pilkades serentak menimbulkan konflik horisontal di dalam masyarakat.

“Untuk diketahui kehadiran kami massa aksi  bukan sebagai budak. Tapi kami hanya minta penyelesaian sengketa Pilkades harus sesuai dengan peaturan serta undang-undang yang berlaku. Maka itu biarkan kami bertemu dengan Bupati Dompu,” desak dia saat aksi PPLM.

Menurut Nasarudin, pihaknya telah menyampaikan tuntutan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) dan Bupati Dompu agar tidak melaksanakan pelantikan terhadap calon Kades Lanci Jaya. Karena ada persoalan ketika pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2017.

Terkait masalah itu, ia meminta DPRD Kabupaten Dompu mengeluarkan surat rekomendasi penundaan pelantikan terhadap Kades di Desa Lanci Jaya. “Kami juga meminta panitia sengketa untuk bertanggung jawab atas proses pelaksanaan Pilkades Desa Lanci Jaya pada momentum Pilkades serentak kemarin,” desaknya.

Usai melakukan aksi di kantor Camat Manggelewa, massa PPLM hendak bertemu langsung dengan Bupati Dompu, Drs H Bambang M  Yasin dan jajaran Tim Penanganan Sengketa Pilkades yang diketuai Sekda Kabupaten Dompu, H Agus Bukhari SH, M.Si.  

Sayangnya, niat massa tidak berhasil. Massa kemudian kembali ke Desa Lanci dan mengisyaratkan akan kembali menggelar aksi serupa mendesak tindaklanjut tim penanganan sengketa Pilkades. (RUL)

No comments