Breaking News

Terusik Perusahaan Keruk, Peternak di Kempo Protes

Lokasi Penambangan Pasir di Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Foto Syahrul Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Puluhan peternak asal Kecamatan Kempok yang menamai diri Forum Petani Ternak Dompu melakukan aksi protes terhadap aktivitas perusahaan keruk pasir CV Wangga Lambu dan PT Rangga Eka Pratama. Aksi massa digelar di areal penambangan di Doro Ncanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Minggu (3/12/2017).

Koordinator peternak, Kamaruddin mengaku terusik dengan keberadaan perusahaan pengeruk pasir. Masalahnya, aktivitas perusahaan itu menganggu areal pelepasan ternak milik masyarakat.

“Selama ini Doro Ncanga adalah tempat pelepasan ternak-ternak milik petani ternak di Kabupaten Dompu. Namun lokasi Doro Ncanga ini lambat laun diusik oleh para pengusaha yang melakukan aktivitas tambang,” katanya di lokasi aksi.

Sejumlah Peternak dan Aparat Bernegosiasi Ketika Tiba di Lokasi Penambangan. Foto Syahrul
Mewakili peternak lain, Kamaruddin meminta pemerintah menghentikan aktivitas perusahaan keruk di Doro Ncanga. Bila tidak massa akan menggelar blokade jalan raya.

Setelah puluhan menit melakukan aksi protes, massa kemudian menuju lokasi penambangan pasir milik PT Cakre dan CV Wangga Lambu. Namun ketiga peternak tiba, tidak terlihat aktivitas penambangan pasir ynag dilakukan pekerja kedua perusahaan itu. Hanya beberapa alat berat yang tampak di lokasi.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Lingkungan Hidup telah menghentikan sementara aktivitas perusahaan keruk di Kecamatan Kempo karena dinilai merusak lingkungan. Pemerintah meminta perusahaan tambang itu melaksanakan reklamasi. (RUL)

No comments