Breaking News

Wabup Dahlan Ingatkan OPD Layani Permohonan Informasi

Wabup Dahlan M Noer saat Menyerahkan Penghargaan kepada PPID Terbaik, Rabu (27/12/2017).

Bima, Berita11.com— Keterbukaan informasi penting pada saat era globalisasi atau ketika pertukaran infomrasi meningkat seperti saat ini. Untuk itu, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan melayani setiap permohonan informasi publik.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati Bima, Dahlan M.Noer pada acara pemeringkatan dan pemberian anugerah kepada PPID tingkat OPD, kecamatan dan desa tahun 2017 yang dilaksanakan pada Rabu, (27/12/2017) di Aula kantor Pemkab Bima.

Dikatakannya, keterbukaan dan Kebebasan Informasi sangatlah penting, terutama pada masa kini, masa dimana informasi beredar secara global dan dengan kemajuan yang sangat cepat, yaitu era globalisasi.

“Era globalisasi adalah era dimana pertukaran informasi dalam skala global terus menerus terjadi, demi perkembangan global,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten bima, Armin Farid, S.Sos.

Setiap PPID diharapkan melayani permohonan informasi publik sebagai bagian dari asas keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintah.

Dahlan berharap dengan adanya informasi publik dapat  menjadi sarana penting mengoptimalkan pelayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan maupun aktivitas badan publik lainnya yang mengurusi kepentingan publik.

Menurutnya, keterbukaan informasi dapat mendorong terciptanya clean and good governance. Karena pemerintah dan badan-badan publik dituntut menyediakan informasi yang lengkap mengenai apa yang dikerjakannya secara terbuka, transparan dan akuntabel sekaligus berupaya untuk meraih juara dalam rangka upaya peningkatan pelayanan informasi publik.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman, SH, M.Si mengemukakan, terkait pemeringkatan PPID OPD, kecamatan dan desa, tim terlebih dahulu mengirimkan form kepada OPD, Kecamatan dan desa, sehingga dari form itu tim melaksanakan kunjungan langung. (AN)


No comments