Breaking News

Angin Kencang Labrak Bima, Rumah Warga Rusak dan Pohon Tumbang

Kondisi Rumah Warga Pasca Dilabrak Angin Kencang, Senin (29/1/2018). 

Bima, Berita11.com— Sejumlah pohon di wilayah Kabupaten Bima tumbang setelah angin kencang melanda pemukiman warga, Senin (29/1/2018) siang. Angin kencang juga melabrak sejumlah rumah warga di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima.

Pantauan Berita11.com, di wilayah pesisir Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang di pinggir ruas jalan Pantai Utara desa setempat. Pohon tumbang yang melintang di ruas jalan raya menyebabkan terganggunya arus lalu lintas utama yang menghubungkan ibukota Kecamatan Soromandi dan Kecamatan Donggo Kabupaten Bima.

Camat Donggo, Abubakar SE yang dihubungi Berita11.com melalui sambungan Ponsel, mengaku belum memastikan total nilai kerusakan dan jumlah warga yang rusak. Karena warga dan aparatur pemerintah masih berupaya berlindung dari terjangan angin. Namun kondisi terparah di Desa Kala Kecamatan Donggo.


“Belum kami ketahui jumlah keseluruhan, karena kami dan bersama warga masih berlindung dari angin kencang. Mungkin setelah situasi kondusif langsung kami data,” ujar Abubakar.

Warga Desa Kala Kecamatan Donggo, Edy yang dihubungi melalui sambungan Ponsel menjelaskan, angin kencang menerjang desa setempat sejak Senin pagi. “Ada beberapa rumah warga yang rusak. Tapi kondisi seperti ini sudah biasa terjadi setiap tahun ketika musim hujan,” katanya.


Selain melabrak pemukiman warga, angin kencang juga menyebabkan tanaman jagung di kebun milik warga tumbang. Hingga pukul 14.00 Wita, angin kencang masih melanda sejumlah desa di Kecamatan Donggo.

Sebelumnya, berdasarkan data yang diterima dan dirilis pihak Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, angin kencang menghantam pemukiman warga dan pohon di Desa Kala Kecamatan Donggo.

Sejumlah rumah warga yang dihantam angin kencang di antaranya rumah milik Burhan warga RT 13/04 Dusun Mangge To’i dan rumah Syarifudin (32 tahun) warga RT 07/03 Dusun Kotabaru Desa Kala.

Sejak pukul 12.30 Wita aliran listrik di sejulmah wilayah di Bima padam. Beberapa petugas PLN terlihat sibuk mengurus ranting pohon yang patah. Selain di Kecamatan Donggo dan Kecamatan Soromandi, angin kencang juga menyebabkan pohon tumang di ruas utama jalan negara di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang di Taman Ria Kota Bima. (US)

No comments