Breaking News

Banyak BTS Siluman, Diskominfo Kabupaten Dompu Warning Provider Operator Ponsel

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH. Foto Syahrul Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Hingga kini masih banyak menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun di Kabupaten Dompu tanpa mengantungi ijin yang lengkap.

Menyusul temuan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu akan melayangkan peringatan kepada provider operator telepon seluler (Ponsel).

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH mengisyaratkan, jika masih ada operator yang masih bandel  akan ditindak tegas sesuai regulasi yang berlaku, termasuk menyegel BTS yang tidak mengantungi ijin.

“Menurut data hasil monitoring kami di lapangan, ada banyak tower yang belum mengantongi ijin dari kami selaku Diskominfo,” ujar Syahid di dinas setempat, Rabu (24/1/2018).

Menurut mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu ini, mestinya sebelum membangun BTS, provider operator Ponsel berkoordinasi dengan Diskominfo. Apalagi pemerintah menyiapkan cell plan. Bukan malah melaporkan pasca pembangunan menara.

“Kebanyakan kami baru mendapat laporan setelah sarana itu sudah selesai dibangun,” katanya.

Syahid menjelaskan, sesuai prosedur, setelah menerima permohonan dari provider operator Ponsel, Diskominfo akan melaksanakan pengecekan lapangan untuk mendapatkan gambaran kelayakan lokasi serta koordinat serta data pendukung lain.

“Kalau memamg mendukung dan tidak ada kendala, maka kami tentu akan mengeluarkan rekomemdasi dan ijin. Jadi perusahaan harus menyampaikan permohonan sebelum itu. Jika itu tidak dilakukan, maka kami tidak akan segan-segan menyeggel tower-tower itu,” katanya. (RUL)

No comments