Breaking News

Bulog Pastikan Stok Beras di Bima dan Dompu Aman

Bulog Sub-Divre Bima di Jalan Soekarno Hatta Kota Bima. Foto US Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Meskipun harga beras premium di pasar raya Kota Bima dan Kabupaten Dompu mulai naik. Namun Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub-Divre II Bima memastikan stok beras untuk tiga wilayah yakni Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima aman.

Saat ini stok beras yang dimiliki Bulog Sub-Divre II Bima sebanyak 4.800 ton yang meliputi Gudang Jatiwangi Kota Bima, Gudang di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima dan Gudang di Kabupaten Dompu.

Kepala Seksi Gasar, Pengadaan dan Pelayanan Publik (GP3) Bulog Sub-Divre II Bima, Imam Munandar mengatakan, jumlah stok beras yang dimiliki Bulog setempat sebanyak 4.800 ton mencukupi untuk kebutuhan selama 7-8 bulan ke depan.

“Untuk stok beras kita untuk di Bima dan Dompu aman untuk tujuh hingga delapan bulan ke depan ini,” ujar Imam Munandar di Bulog Sub-Divre II Bima, Kamis (18/1/2018).

Imam Munandar menyebut jumlah stok beras sebanyak 4.800 ton terbagis 3.500 lebih di gudang Kelurahan Jatiwangi Kota Bima dan gudang Kecamatan Madapangga, serta 1.200 ton di gudang Dompu.

Diakuinya, harga gabah di Bima dan Dompu saat ini naik karena jeda waktu masa panen oleh petani yaitu Rp4.500/ kilogram. Kendati demikian, Bulog Sub-Divre II Bima tetap mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/ Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah.

Harga Pembelian Pemerintah (HPP) beras Rp7.300/ Kg, sedangkan untuk gabah kering panen Rp3.700/ Kg.  

Mengenai keluhan masyarakat tentang kualitas beras Bulog, Imam Munandar menjelaskan bahwa sesuai mekanisme, keluarga penerima manfaat berhak mengembalikan beras Rastra yang telah didistribusikan selama 1x24 jam setelah diterima. Jumlah keluarga penerima manfaat Rastra di Kota Bima sebanyak 8.393.(US)

No comments