Breaking News

Dua Kali Diguncang Gempa, Warga Bima Panik

Peta Lokasi Gempa Tektonik, Rabu (31/1/2018).

Bima, Berita11.com— Gempa tektonik 5,1 skala ritcher dan 5,2 SR mengguncang Bima dan daerah sekitar dalam waktu yang berbeda, Rabu (31/1/2018). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun akibat gunjangan gempa, warga panik dan berhamburan keluar rumah.
Gempa pertama terjadi sekira pukul 08.55 WITA. Namun kekuatannya kecil tak semua dirasakan oleh warga, sedangkan gempa susulan terjadi sekira pukul 10.00 Wita dan dirasakan banyak warga Bima dan Dompu.

Pantauan Berita11.com, sejumlah warga Kabupaten Bima tampak lari keluar rumah setelah gempa susulan menguncang Bima dan Dompu. beberapa warga tampak lari membawa keluar anak mereka.

Warga Kabupaten Bima, Faisal mengaku, saat gempa pertama tidak merasakan getaran. Namun pada pukul 10.00 WITA terjadi guncangan besar sehingga hampir semua warga panik dan lari keluar rumah.

“Tadi saya lagi di dalam kamar, tiba-tiba terjadi guncangan sehinga cepat-cepat lari keluar rumah. Semua yang di dalam rumah lari keluar, tetengga juga begitu saya lihat,” katanya.

Getaran gempa bumi susulan juga dirasakan hampir seluruh warga Kota Bima. Sejumlah warga panik dan berhamburan lari keluar rumah. Kondisi yang sama juga terjadi di sejumlah kantor dan instansi pemerintah, para pegawai berhamburan keluar kantor.

“Saya cepat-cepat tarik anak-anak saya keluar rumah. Tadi takut sekali soalnya kekuatan gempa kedua lumayan besar,” ujar Neneng warga kompleks perumahana Tolotongga Kecamatan Asakota Kota Bima.

Kepala Stasiun Meteorologi/ BMKG Bima, Satria Topan Primadi S.Si melalui forecaster setempat menjelaskan gempa pertama dengan kekuatan (magnitude) 5,1 Skala Ritcher terjadi pada pukul 07.55:35 WIB atau pukul 08.55.35 Wita. Kedalaman gempa pertama 30 kilometer.

Sementara itu, gempa susulan dengan kekuatan 5,2 SR terjadi pada pukul 09.00.33 WIB atau pukul 10.00.33 WITA. Pusat gempa berada pada koordinat 7.88 LS - 118.81 BT atau sekitar Laut Flores, kedalaman gempa 26 kilometer.

BMKG Bima memastikan bahwa gempa pertama dan susulan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Untuk itu masyarakat diharapkan tak kuatir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima, Masrin S.Pt  melaporkan, pasca gempa BPBD langsung melaksanakan pemantauan wilayah. Berdasarkan data awal tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa tektonik di wilayah Kota Bima.

“Korban jiwa dan lainnya masih nihil dan masih dalam pemantauan,” jelas Masrin melalui Group Siaga Bencana NTB. (IR)

No comments