Breaking News

KPU Tegaskan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Kepala Daerah Bersifat Final

Ilustrasi. Foto Istimewah.

Kota Bima, Berita11.com— Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Agusalim menegaskan hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon Wali Kota dan bakal calon Wakil Wali Kota Bima bersifat final sehingga tak ada hasil pemeriksaan banding di luar institusi yang diajak kerjasama oleh KPU setempat.

Penegasan itu disampaikan Agusalim menyikapi protes dari bakal calon Wali Kota Bima dan bakal calon Wakil Wali Kota Bima, Sudirman-Syaifuddin. “Hasil pemeriksaan kesehatan kemarin itu tidak boleh lagi ada pembanding,” katanya di Sekretariat KPU Kota Bima, Kamis (18/1/2018) malam.

Agusalim menjelaskan bahwa KPU Kota Bima hanya menerima hasil pemeriksaan medis, jiwa, rohani serta pemeriksaan narkoba oleh tim yang terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi NTB, Badan Narkotika Nasional dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Provinsi NTB. “Kita hanya menerima hasil pemeriksaan dari sana. Pihak yang sudah kita jalin kerjasama,” katanya.

Diketahui sebelumnya, bakal Paslon Sudirman-Syaifuddin kecewa dan memprotes hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim yang diajak KPU Kota Bima bekerjasama. Bahkan bakal Paslon yang maju melalui jalur independen itu hendak menanyakan langsung alasan keduanya dinyatakan tidak lolos pemeriksaan kesehatan.

Masalah utama materi protes soal detil masalah kesehatan yang menjadi alasan keduanya dinyatakan tidak lolos. Sudirman-Syaifuddin merupakan satu-satunya bakal Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan sehingga tak dapat melanjutkan ke tahapan berikut. (US)

No comments