Breaking News

Masyarakat Bima Saksikan Gerhana Bulan Total di Pinggir Laut

Sejumlah Remaja di Bima Menyaksikan Gerhana Bulan Total di Pinggir Laut. Foto US.

Bima, Berita11.com— Sejumlah warga Bima menyaksikan gerhana bulan total yang mulai tampak dilihat pukul 20.00 Wita, Rabu (31/1/2018) malam. Beberapa warga memilih melihat peristiwa langka tersebut di pinggir laut.

Pinggir laut dipilih sejumlah warga, karena di lokasi ini setiap hampir setiap perubahan pergerakan bulan dapat dilihat secara kasat mata. “Untungnya kami tinggal di pinggir laut sehingga untuk melihat gerhana bulan total ini jadi gampang,” ujar Munawar, pelajar SMA di Kabupaten Bima, Rabu (31/1/2018).

Bagi Munawar, di luar berbagai mitos yang menyertainya, gerhana bulan total adalah peristiwa yang menarik. Ia dan sejumlah kawannya menunggu sejak pekan lalu setelah menonton berita di televisi.


“Bagi saya bisa melihat ini adalah luar biasa. Tahun lalu kita di Bima juga dapat melihat gerhana matahari total. Jarang-jarang kita dapat melihat ini, seumur hidup saya baru kali ini bisa melihat langsung gerhana bulan total,” ujar Munawar.

Remaja lainnya, Imam Syahrir, juga senang bisa menyaksikan peristiwa langka, gerhana bulan total di Bima. “Tadinya infonya nggak bisa dilihat di Bima dan Dompu, tapi ternyata setelah lihat langsung bisa juga. Apalagi di pinggir laut itu tampak sekali,” katanya.

Meskipun beberapakali awan tebal menyelimuti pergerakan bulan yang perlahan menjadi gelap, namun warga tetap antusiasi menunggu proses hingga terjadi gerhana bulan total.

Sementara itu, pada bagian lain sejumlah warga seperti di Kecamatan Bolo dan sebagian di Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima menggelar shalat khusus berjamaah di masjid desa masing-masing. Sebagian warga juga memilih shalat sendiri-sendiri di rumah masing-masing beberapa jam. Beberapa masjid yang melaksanakan sholat gerhana bulan ada yang disertai khutbah, ada yang tidak melaksanakan khutbah khusus.


Sebelumnya Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat dan seluruh ASN setiap OPD agar menggelar shalat khusus gerhana bulan total. Jajaran Setda Kabupaten Bima melaksanakan shalat bersama masyarakat di masjid raya Desa Kananga Kecamatan Bolo. (AN)






No comments