Breaking News

Niat Membantu Sesama, LBH YARKI Tawarkan Pendampingan Hukum Gratis

Ketua LBH YARKI, Abdullah SH MH (duduk) dan Sekretaris LBH YARKI, M Hijratul Akbar SH, MH (berdiri) Bersama Pihak Pengadilan Negeri Kabupaten Dompu. 

Dompu, Berita11.com— Lembaga Bantuan Hukum Yayasan Tambora Bangkit (LBH YARKI)  Kabupaten Dompu menawarkan pendampingan hukum terhadap masyarakat tidak mampu di Dompu. Bantuan hukum gratis oleh LBH YARKI yang sudah lama terbentuk ini sebagai bentuk sikap sosial dan prihatin mereka kepada masyarakat kecil.

Ketua LBH YARKI Dompu Abdullah SH MH mengaku, pihaknya menyiapkan pendampingan hukum secara gratis kepada masyarakat yang tidak mampu.

“Yarki sebagai mitra Polbakum Pengadilan Dompu siap memberikan pelayanan kepada masyarakat Dompu yang ingin berkonsultasi masalah hukum serta memberikan pendampingan hukum secara gratis untuk masyarakat yang tidak mampu,” ujar pria ganteng yang biasa di sapa dengan panggilan Bang Dul, di Dompu, Jumat (26/1/2018).

Abdullah menyatakan masyarakat tidak mampu tak perlu berpikir mengenai ada dan tidak uang ketika membutuhkan bantuan pendampingan hukum. Karena LBH YARKI tidak akan meminta bayaran sepeserpun dari para klien yang tergolong masyarakat tidak mampu. 

“Artinya konsultasi dan pendampingan hukum kami berikan secara cuma-cuma alias gratis,” jelasnya.

Untuk diketahui lanjut Bang Dul, bahwa LBH YARKI adalah lembaga yang ditunjuk oleh Pengadilan Negeri Dompu untuk menyediakan layanan bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu.

“Kami akan berusaha dan semangat dalam membantu memperjuangkan keadilan bagi masyarakat tidak mampu,” isyaratnya.

Dikatakannya, sebelumnya bantuan hukum secara gratis tertuang dalam perjanjian yang ditindaklanjuti dengan perjanjian antara Ketua LBH YARKI Dompu dengan Ketua Pengadilan Negeri Dompu yang disahkan pada awal Januari.

Mengingat perjanjian itu, maka LBH YARKI Dompu akan berkomitmen menjalankan tugas menyiapkan layanan bantuan hukum kepada masyarakat.

“Mengenai biayanya untuk mengganti administrasi kantor dibayar langsung oleh Mahkamah Agung melalui DIPA PN Dompu,” ujar Bang Dul.(RUL)



Baca Juga :

No comments