Breaking News

OPD harus Maksimalkan Fungsi PPID untuk Mendukung Visi Bima Ramah

Muslimin, S.Sos. Foto US Berita11.com

Bima, Berita11.com— Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima akan mendorong fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyiapkan informasi secara berkala.

Salah satunya menyiapkan informasi tentang program atau kegiatan masing-masing OPD sehingga selaras dengan visi dan misi Bima Ramah yang menjadi outline kebijakan dan program Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M. Noer M.Pd.

Sebelumnya petugas sejumlah OPD di Kabupaten Bima telah dilatih tentang materi jurnalistik dan berkaitan dengan tugas PPID OPD.

Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Diskominfostik Kabupaten Bima, Muslimin, S.Sos mengatakan, banyak output positif setelah setiap OPD memaksimalkan fungsi PPID. Selain masyarakat memperoleh informasi berkaitan dengan progres kerja pemerintah daerah, juga menjadi bagian dari impelentasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 serta regulasi turunannya.

“Kita harapkan petugas yang ditugaskan khusus oleh setiap OPD dapat dimaksimal. Ada output setelah pelatihan kemarin dengan menyiapkan informasi secara berkala atau rutin sehingga masyarakat dapat mengetahui kerja pemerintah, khususnya program-program dari setiap OPD itu sendiri,” kata Muslimin kepada Berita11.com belum lama ini.

Menurut Muslimin, pada bagian lain, Pemerintah Kabupaten Bima  terus berupaya meningkatkan kualitas layanan informasi. Beberapa upaya itu melalui program kerjasama dengan Radio Republik Indonesia, menyiapkan website sejumlah OPD serta kerjasama dengan sejumlah media online dalam menyebarluaskan informasi tentang program pemerintah daerah. (US)


No comments