Breaking News

Pemkab Bima Isyaratkan Tindaklanjut Temuan Panwaslu

Kasubag Protokol dan Perjalanan Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Bima, Suryadin, M.Si. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mengsiyaratkan akan menindaklanjuti temuan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima dan Pawas Kecamatan Raba terkait tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga terlibat pada kegiatan politik bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima.

Kasubag Protokol Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Suryadin, S.Si, M.Si menyatakan,  pada prinsinpya Pemkab Bima siap menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu Kota Bima mapun Kecamatan Raba.


“Berkaitan dengan adanya dugaan keterlibatan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Bima  dalam kegiatan politik praktis, pemerintah daerah pada prinsipnya siap menindak lanjuti rekomendasi Panwaslu,” ujar Suryadin ketika dihubungi melaui layanan sosial media WhatsApp, Ahad (21/1/2018).

Sementara soal sanksi terhadap ASN yang menjadi temuan dan rekomendasi Panwaslu akan menunggu surat resmi dari lembaga ad hoc penyelenggara Pemilu tersebut. Setelah itu Pemkab Bima akan membentuk Komisi Etik ASN seperti yang diatur dalam regulasi terkait.

“Kita masih menunggu rekomendasi dari Panwas dan setelah itu diterima akan dibentuk komisi etik ASN sesuai dengan amanat regulasi yang ada. Setelah itu baru akan diketahui tingkat kesalahan dan dilakukan pembinaan terhadap ASN yang bersangkutan,” katanya. 

Sebelumnya, tiga ASN Kabupaten Bima terjaring temuan Panwaslu Kota Bima dan Panwaslu Kecamatan Raba saat kegiatan silaturahmi sekaligus pembentukan tim salah satu Paslon di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba serta saat deklrasi Paslon di Lapangan Serasuba Kota Bima. Dua ASN Kabupaten Bima terjaring kamera pengawasan Panwaslu bersama delapan ASN lain lingkup Kota Bima.(US)

No comments