Breaking News

Perda Perpustakaan Kota Bima Ditargetkan Tuntas Tahun 2018

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Drs H Mahfud M.Pd. Foto US

Kota Bima, Berita11.com— Setelah sukses merumuskan Peraturan Dearah tentang Arsip, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima menargetkan regulasi berkaitan dengan perpustakaan selesai digodok tahun 2018.

“Kita bahas di dewan dan sudah diputuskan, sudah final pembahasannya. Tahun 2018 ini Perda perpustakaan juga kita ajukan,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Drs H Mahfud, M.Pd, belum lama ini.

Dikatakannya, pengusulan Perda Perpustakaan diperlukan di Kota Bima sebagai acuan untuk pengelolaan dan pengembangan perpusatakaan. Sebelumnya, dengan Perda Arsip menjadi payung hukum bagi pengelolaan arsip di Kota Bima lebih baik. Misalnya dengan penyiapan depo arsip, maka seluruh dokumen atau arsip di setiap Organisasi Perangkat Daerah sudah dapat dikelola di depo arsip.

“Depo kita manfaatkan untuk menarik dan mengelola arsip OPD-OPD. Mau tidak mau mereka harus serahkan karena mereka tidak punya kemampuan mengelola arsip itu. Hal yang kita kuatirkan itu justru arsip itu disimpan begitu kemudian dikarung-karungkan. Disimpan di sudut-sudut ruangan akhirnya hilang kemudian datang pemulung hilang kemudian begitu,” ujar Mahfud.

Menurut Mahfud, dengan pemanfaatan depo arsip, maka masyarakat atau berbagai pihak dapat mengetahui sejarah dan dapat mengakses informasi berkaitan administrasi di Kota Bima seperti laporan LKPJ Wali Kota Bima, sejarah pembentukan kelurahan, sejarah pembentukan Kota Bima maupun berbagai arsip tentang riwayat pemimpin di Kota Bima.

“Misalnya LKPJ itu dianggap ada di Bagian Administrasi Perkantoran, Bagian Hukum mungkin simpa atau BAPPEDA. Tapi siapa yang bertanggung jawab penuh? Saat ditanya BAPPEDA bisa saja dijawab sudah nggak ada. Tugas kita lah mencari kembali itu,” katanya.

Mahfud menambahkan, dengan adanya Perda Arsip dan depo arsip maka laporan administrasi di Kota Bima akan lebih tertata. Karena setiap arsip dari OPD termasuk berkaitan dengan laporan keuangan akan dikelola dengan baik di depo arsip. Selain itu, aparat penegak hukum seperti pihak kepolisian atau kejaksaan juga dapat merujuk depo arsip jika membutuhkan data sepanjang sudah diserahkan setiap OPD. (US)

No comments